Monday, April 1, 2013

HERBALIFE dan KESEHATAN : Tau Penyebab Penyakit untuk Menghindari Penyakit



kali ini mau membahas sesuatu yang pasti setiap orang di dunia pernah mengalami nya. Yaitu PENYAKIT. Disini aku mau bahas penyebab umum dari seluruh penyakit yang ada. Dengan mengetahui penyebab penyakit nya, kita diharapkan bisa menghindari penyakit tersebut.

Kalau aku klasifikasikan, penyakit itu dapat disebabkan oleh dua hal, yaitu : genetik dan dapatan.

1. Genetik

Yaitu penyakit yang ditentukan secara genetik karena beberapa abnormalitas dari materi genetik seseorang. Abnormalitas ini bisa diturunkan kepada anak dari bapak, ibu atau keduanya. Abnormalitasnya seperti apa?
Misal :
Abnormalitas pada DNA atau kromosom : kehilangan atau salah tempat dari sebagian atau keseluruhan dari suatu kromosom. Adapun Kromosom itu adalah suatu struktur makromolekul yang berisi DNA di mana informasi genetik dalam sel disimpan.Ini nih, aku kasih gambar kromosom yang di dalamnya ada DNA-nya! ;)
Gambar : Kromosom, DNA
Contoh penyakit yang disebabkan dari genetik itu misalnya Congenital Disease: penyakit yang berkembang selama kehidupan fetus (congenital). Dan dapat timbul kapan saja saat bayi sudah lahir. Congenital disease juga bisa aja jadi penyakit dapatan. 
Contohnya:
emak2 terinfeksi virus Rubella (penyakit campak), akan menularkan virusnya selama trimester pertama. Kalo udah gini, tergantung ketahanan si calon dedek bayi nya. Dia kuat gak sama infeksi virus dari emaknya. Soalnya, pada saat infeksi rubella ini terjadi, bisa mengakibatkan kematian si calon dedek bayi, atau mempengaruhi berbagai  jaringan yang bisa menyebabkan defisiensi/penurunan mental, kebutaan, tuli, atau abnormalitas struktur jantung.
Wuiiiih,,,sereeeem!! :-s Hiks,hiks,hiks,,,,,kasihan bayinya. Makanya emak2 yang lagi hamil,hati2 yah jaga calon dedek bayi nyaa… :)

2. Dapatan
Yang kedua, penyakit itu bisa disebabkan karena Dapatan. Yaitu disebabkan oleh efek dari factor lingkungan seperti: Malnutrisi atau mikroorganisme. Contohnya :
DEFISIENSI DISEASE, diet yang tidak memadai umumnya untuk si miskin. Karena kekurangan zat-zat yang sangat dibutuhkan yaitu : PROTEIN, VITAMIN, MINERAL. Gak cuman karena defisiensi, tapi juga karena overeating yang menyebabkan OBESITAS. Dan kalo udah obesitas, parah gan! Resiko penyakit lainnya banyak, kayak Diabetes, tekanan darah tinggi, dan PENYAKIT JANTUNG!
AGEN FISIK. Meliputi trauma, panas, dingin, elektrik, iradiasi  danperubahan yang cepat dari tekanan suatu lingkungan.
KIMIA. Misal karena penggunaan senyawa kimia dalam proses industri, pertanian, rumahtangga.
MIKROORGANISME. Misal karena infeksi protozoa, bakteri, virus, jamur
FAKTOR IMUNOLOGI. Misal terjadinya gangguan pada sistem imun kita. Tidak bisa membedakan benda asing di dalamtubuh sama tubuh kita sendiri. Ibarat perang, tentara yang gak tau siapa lawan siapa teman, dibejek2 semuanya. Serem kan kalo badan kita menyerang diri kita sendiri. :-s Yah, contohnya penyakit AIDS, radang akut, asma,dll.
FAKTOR PSIKOGENIK. Contohnya tekanan mental yang diakibatkan oleh kondisi hidup (depresi, ketagihan, hipertensi,ansietas, frustasi).



So, udah tau kan penyebab penyakit - penyakit nya bisa karena apa aja. Jadi, saatnya menghindari penyakit dengan mengetahui penyebab penyakitnya! ;)

Template by:

Free Blog Templates