Friday, September 7, 2012

PROPOSAL SKRIPSI



ANALISIS DAN DESAIN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PADA NEW ARMADA TRAVEL
SULAWESI TENGAH










Diajukan oleh:

MARLINA PUSPAWIJAYANTI
02.12.0157



JURUSAN SISTEM INFORMASI

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

AMIKOM

YOGYAKARTA
2005
ANALISIS DAN DESAIN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PADA NEW ARMADA TRAVEL
SULAWESI TENGAH



A.     Latar Belakang


Kecanggihan teknologi sangat mendukung dan dibutuhkan untuk membantu lancarnya kinerja dalam suatu instansi atau perusahaan, begitu juga dalam pengambilan keputusan.

Perkembangan teknologi informasi saat ini telah mempengaruhi segala bidang kehidupan manusia dan diperlukan sebagai sarana pendukung yang dapat menunjang kelancaran informasi yang cepat, tepat dan akurat. komputer merupakan salah satu hasil perkembangan teknologi yang memberikan informasi yang aktual dengan cara kerja mekanik dan dapat diakses dengan cepat. Teknologi komputer telah banyak digunakan mulai dari bidang pendidikan hingga bidang perdagangan. Untuk itu agar tidak tertinggal dalam persaingan teknologi, sudah saatnya para pengusaha, badan usaha, lembaga pendidikan, individu, bahkan lembaga pemerintah membuka diri untuk menerima teknologi modern yang dijanjikan.

Penggunaan media ini akan menghasilkan sesuatu yang dibutuhkan apabila penerapannya dilakukan semaksimal mungkin.Atas dasar hal diatas peneliti mengangkatnya menjadi bahan kajian dan menuangkannya dalam wujud skripsi dengan memberi judul “ Analisis dan Desain Sistem Informasi Administrasi Pada New Armada Travel Sulawesi Tengah “.



B.  Rumusan Masalah
Perkembangan teknologi yang begitu cepat khususnya teknologi informasi,sedikit banyak akan mempengaruhi aktivitas sumber daya perusahaan untuk mencapai tujuan dan menghadapi persaingan.Dari hasil penelitian pada bagian keuangan, pemasaran, ticketing, serta interview pada pihak-pihak yang berkepentingan  belum menunjukkan manfaat yang nyata.Aktivitas sehari-hari mulai dari input data,proses olah data hingga pembuatan laporan masih dilakukan secara manual.

Analisis terhadap sistem dilingkungan perusahaan setingkat apapun perlu dilakukan dan ditetapkan secara berkala dan berkesinambungan pada kurun waktu tertentu,hal ini dimaksudkan guna mengevaluasi kinerja sistem dalam perusahaan.Dengan melakukan identifikasi permasalahan yang terjadi,menganalisis permasalahan tersebut,dan memberikan solusi pengembangan dalam laporan akhir analisis sistem diharapkan dapat diketahui seberapa besar kebutuhan masing-masing subsistem terhadap media penunjang aktivitas sehari-hari guna mendukung pihak manajemen membangun perusahaan.

C.  Batasan Masalah      
Aktifitas sumber daya CV ARMADA GROUP sangat beragam.Salah satu aktivitas yang dilakukan oleh bagian keuangan dan ticketing adalah melakukan pengarsipan data sebagai landasan pembuatan laporan dan informasi.Beberapa kendala yang dihadapi secara garis besar meliputi:
-       Klasifikasi/pengelompokkan berkas yang belum terkoordinasi dengan baik.
-       Butuh waktu untuk melakukan koreksi ulang terhadap berkas yang ada terutama saat pencarian terhadap berkas-berkas tertentu.

Atas dasar hal tersebut diatas terhadap kinerja sistem administrasi perusahaan berupa analisis kelemahan dan kelebihan sistem, analisis terhadap kebutuhan sistem berupa pengembangan sistem berbasis komputer termasuk didalamnya pembuatan program aplikasi administrasi mulai dari rancangan input data, proses olah data hingga output berbentuk laporan dan studi kelayakan terhadap sistem yang telah dikembangkan.Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penyimpangan dari pokok permasalahan yang diteliti dan berjalan sesuai dengan sasaran yang diharapkan.

D.  Maksud dan Tujuan
Penelitian dan analisis ini dimaksudkan sebagai dasar pembuatan skripsi.Disamping itu, dalam tahap pembelajaran penelitian dan analisis betujuan untuk menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan yang telah peneliti dapatkan.Tidak hanya bersifat teoritis tapi juga mempunyai pengetahuan praktis dalam menganalisa sistem dan melakukan pengembangan terhadap sistem informasi perusahaan,khususnya analisis terhadap kebutuhan administrasi perusahaan.

Bagi perusahaan,penelitian dan analisis ini diharapkan mampu memberikan masukan yang bermanfaat untuk dijadikan barometer perbandingan efektifitas dan efisiensi antara hasil analisa sistem yang ada dengan sistem yang diusulkan.

E.     Sistematika Penulisan

                   Secara garis besar sistematika penulisan skripsi ini terbagi atas enam bab,yaitu:
BAB I :   PENDAHULUAN
Berisi tentang latar belakang masalah yang terjadi, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, metode penelitian, sistematika penulisan dan jadwal rencana penelitian.

BAB II :  KONSEP DASAR TEORI
         Dalam bab ini memuat dasar-dasar teori yang terkait dengan judul penulisan skripsi diatas, hal ini dimaksudkan untuk menjelaskan konsep tentang sistem administrasi, analisis dan desain sistem, serta teori tentang perangkat lunak yang digunakan dalam pembuatan program aplikasi administrasi.

BAB III : ANALISIS SISTEM
               Bab ini menjelaskan deskripsi perusahaan meliputi sejarah perusahaan, ruang lingkup divisi perusahaan, analisis terhadap kinerja sistem meliputi analisis kelemahan sistem,analisis kebutuhan sistem dan studi kelayakan.

BAB IV: DESAIN SISTEM
               Desain system merupakan perancangan sistem yang diusulkan mencakup beberapa hal, antara lain:
-  Perancangan Model
-  Perancangan Input dan Output (I/O)
-  Perancangan Database

BAB V:  IMPLEMENTASI DAN PEMELIHARAAN SISTEM
Bab ini menjelaskan tentang implementasi bagi pengguna sistem terhadap sistem yang telah dirancang dan pemeliharaan terhadap sistem itu sendiri.

BAB VI: PENUTUP
               Bab penutup ini merupakan bab terakhir dari sistematika penulisan skripsi yang didalamnya memuat kesimpulan penelitian dan saran.

F.      Jadwal Pelaksanaan

          Secara garis besar rencana kegiatan penelitian ini dapat dilihat pada tabel dibawah ini:

Rincian Tahapan Kegiatan

BULAN

I
II
III
IV
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
Pra Survei


















Persiapan

















Pengumpulan Data
















Desain dan
Penulisan Program
















Pembuatan Laporan
















Tabel 1.1 Kegiatan Penelitian Skripsi


G.  Penutup

Demikian proposal ini saya buat sebagaimana mestinya.Semoga proposal ini memberikan gambaran tentang skripsi yang akan saya kerjakan.
Besar harapan saya atas partisipasi serta kesediaan Bapak/Ibu dalam membantu program penyusunan dan penyelesaian skripsi tersebut.
      Atas perhatian Bapak/Ibu, kami  ucapkan terima kasih.



            Yogyakarta, 26 Agustus 2005
                  Yang Mengusulkan


               Marlina Puspawijayanti
              02.12.0157










0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates