Setiap usaha, baik
kecil atau besar tak lepas dari peran pemasaran dalam meraih sukses.
Tanpa melupakan bagian lain dari setiap usaha, tenaga pemasaran atau
marketing boleh dikata menjadi ujung tombak dari suatu usaha.
Menjadi seorang tenaga
pemasaran memang tak mudah. Banyak tuntutan yang harus dipenuhi untuk
perusahaan. Seorang marketing, perlu mengusai berbagai keahlian menjual,
terutama kelihaian dan kemampuan mendatangkan profit untuk perusahaan.
Ada banyak cara untuk
menjadi seorang marketing yang handal dan sukses. Dan menurut saya,
kunci utama dari keberhasilan seorang marketing adalah mental. Seorang
marketing harus memiliki daya juang yang gigih, ulet, dan displin. Pun
begitu, saya memiliki beberapa catatan tambahan yang barang kali bisa
dijadikan panduan untuk meningkatkan kualitas pemasaran teman-teman
sekalian.
Membuat jaringan atau networking
Semakin luas jaringan
yang temanteman miliki, maka akan semakin besar peluang untuk memasarkan
jasa atau produk dari perusahaan. Bila memungkinkan juga, akan sangat
baik bila bisa bergabung dengan kelompok bisnis, rajin mengikuti
seminar, atau pung mengunjungi pertemuan-pertemuan bisnis. Yang perlu
dicatat juga, membangun jaringan bisa dimana saja dan kapan saja.
Mengusai bisnis usaha atau perusahaan
Sebagai seorang
marketing sudah pasti kita harus mengenal dan menguasai produk atau jasa
yang kita pasarkan. Dan sebagai seorang marketing juga, kita harus
terus belajar tentang bisnis perusahaan atau usaha kita, yang tentu saja
disesuaikan dengan tuntutan keadaan, keperluan klie, dan juga
perkembangan dari para pesaing.
Menentukan pasar
Dalam memasarkan
produk atau jasa, pasar atau calon konsumen yang dituju haruslah jelas.
Tepat atau tidaknya target market yang disasar akan mempengaruhi
kesuksesan dari kegiatan pemasaran yang kita lakukan.
Kartu nama
Kecil dan mungil, tapi
memiliki manfaat yang sangat besar. Seorang marketing wajib membawa
selalu kartu nama dan jangan sungkan untuk bertukar kartu nama dengan
orang lain. Tampilkan selalu kesan yang baik, karena seorang marketing
merupakan perwakilan dari perusahaannya. Dalam persepsi kebanyakan orang, penampilan marketing sama dengan dengan citra perusahaan.
Percaya keunggulan perusahaan
Sebagai perwakilan
dari perusahaan, seorang marketing harus yakin dan percaya dengan
keunggulan dari perusahaannya. Ini penting karena pada dasarnya seorang
marketing juga bertugas untuk meyakinkan calon konsumen agar percaya
dengan perusahaan kita.
Membawa brosur
Ini yang terakhir, dan
biasanya dipadukan dengan kartu nama, brosur. Sebagai marketing,
upayakan selalu membawa brosur dari produk atau jasa yang hendak
dipasarkan. Barangkali brosur terlihat tradisional, tapi brosur bisa
bertindak cepat. Saat seorang kita bertemu calon konsumen secara
tiba-tiba dan tanpa disengaja, kita bisa langsung menjelaskan produk
atau jasa yang kita tawarkan melalui brosur tadi.
0 comments:
Post a Comment