Thursday, March 14, 2013

Pria yang Anggap Wanita Lemah Cenderung Suka Payudara Besar



Jakarta, Selera orang bisa beda-beda, termasuk selera mencari pasangan. Untuk masalah fisik misalnya. Ada pria yang menyukai payudara yang besar dan ada yang sedang, bahkan ada yang tak begitu ambil pusing. Penelitian menemukan bahwa selera payudara ini dipengaruhi oleh sikapnya.

Para peneliti dari University of Westminster menemukan bahwa semakin seksis seorang pria, semakin besar pula ketertarikannya akan buah dada yang besar. Seksis adalah prasangka yang didasarkan jenis kelamin. Pada pria, sikap seksis digambarkan dengan kecenderungan menganggap wanita sebagai makhluk lemah dan tak berdaya.

"Dapat dikatakan bahwa pria yang seksis menilai wanita berpayudara besar lebih menarik. Mungkin karena besarnya ukuran payudara wanita berkaitan dengan kesan feminim yang dirasakan," kata peneliti seperti dilansir Huffington Post, Rabu (13/3/2013).

Para peneliti mewawancarai 361 orang pria heteroseksual berusia 18 - 68 tahun. Masing-masing pria diperlihatkan gambar wanita 3 dimensi dengan ukuran payudara yang berbeda-beda. Peserta kemudian diminta menulis dan mengurutkan wanita mana yang secara fisik dianggap paling menarik.

Setelah itu para peserta diberi survei untuk mengukur tingkat permusuhannya terhadap wanita, sikapnya tentang hubungan pria dan wanita, seksisme dan sejauh apa dia menganggap wanita sebagai objek. Para peneliti menemukan bahwa sebagian besar peserta, yaitu 37%, menganggap payudara berukuran sedang adalah yang paling menarik.

Peringkat kedua, yaitu 24,4%, diisi oleh pria yang menyukai payudara besar. Selanjutnya disusul penyuka payudara amat besar dengan 19,1%, penyuka payudara kecil 15,5% dan penyuka payudara sangat kecil 8,3%. Selera payudara besar dan sangat besar berkorelasi dengan seksisme, permusuhan dan kecenderungan menilai wanita sebagai objek.

Seksisme atau akrab disebut main gender dalam penelitian adalah seksisme yang bersifat ramah. Artinya, pria yang cenderung mengidealkan wanita tradisional dan menganggap wanita sebagai makhluk yang lemah lembut adalah yang paling besar kemungkinannya memilih wanita berdada besar.

Namun temuan yang dimuat jurnal Archives of Sexual Behavior ini bukan berarti menyimpulkan bahwa semua pria yang menyukai payudara besar besikap seksis. Beberapa orang juga ada yang risih dengan ukuran payudara yang besar dan memilih untuk melakukan operasi pengecilan payudara.

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates