Semakin
besar sampel yg diambil akan semakin representatif dari populasi dan
hasil penelitian lbh dapat digeneralisasikan. Masalah besar sampel
merupakan hal yg sulit utk dijawab sebab terkadang dipengaruhi oleh dana
yg tersedia utk melakukan penelitian. Namun demikian hal yg penting utk
diperhatikan adl terdapat alasan yg logis utk pemilihan teknik sampling
serta besar sampel dilihat dari sudut metodologi Penelitian.
Dilihat
dari substansi tujuan penarikan sampel yakni utk memperoleh
representasi populasi yg tepat maka besar sampel yg akan diambil perlu
mempertimbangkan karakteristik populasi serta kemampuan estimasi.
Pertimbangan karakteristik populasi akan menentukan teknik pengambilan
sampel ini dimaksudkan utk mengurangi atau menghilangkan bias sementara
kemampuan estimasi berkaitan dgn presisi dalam mengestimasi populasi
dari sampel serta bagaimana sampel dapat digeneralisasikan atas populasi
upaya utk mencapai presisi yg lbh baik memerlukan penambahan sampel
seberapa besar sampel serta penambahan akan tergantung pada variasi
dalam kelompok tingkat kesalahan yg ditoleransi serta tingkat
kepercayaan.
Menurut
Pamela L. Alreck dan Robert B. Seetle dalam buku The Survey Research
Handbook utk Populasi yg besar sampel minimum kira-kira 100 responden
dan sampel maksimum adl 1000 responden atau 10% dgn kisaran angka
minimum dan maksimum.
Secara
lbh rinci Jack E. Fraenkel dan Norman E. Wallen menyatakan bahwa
minimum sampel adl 100 utk studi deskriptif 50 utk studi korelasional 30
per kelompok utk studi kausal komparatif. L.R Gay dalam buku
Educational Research menyatakan bahwa utk riset deskriptif besar sampel
10% dari populasi riset korelasi 30 subjek riset kausal komparatif 30
subjek per kelompok dan riset eksperimental 50 subjek per kelompok.
Sementara itu Krejcie dan Morgan menyusun ukuran besar sampel dalam
bentuk tabel sebagai berikut :
Besar Sampel menurut besar Populasi
Populasi
|
Sampel
|
5
|
5
|
10
|
10
|
15
|
14
|
20
|
19
|
25
|
24
|
30
|
28
|
35
|
32
|
40
|
36
|
45
|
40
|
50
|
44
|
55
|
48
|
60
|
52
|
65
|
56
|
70
|
59
|
75
|
63
|
80
|
66
|
85
|
70
|
90
|
73
|
95
|
76
|
100
|
80
|
110
|
86
|
120
|
92
|
130
|
97
|
140
|
103
|
150
|
108
|
160
|
113
|
170
|
118
|
180
|
123
|
190
|
127
|
200
|
132
|
210
|
136
|
220
|
140
|
230
|
144
|
240
|
148
|
250
|
152
|
260
|
155
|
270
|
159
|
280
|
162
|
290
|
165
|
300
|
169
|
320
|
175
|
340
|
181
|
360
|
186
|
380
|
191
|
400
|
192
|
420
|
196
|
440
|
201
|
460
|
205
|
480
|
210
|
484
|
214
|
500
|
217
|
550
|
226
|
600
|
234
|
650
|
242
|
700
|
248
|
750
|
254
|
800
|
260
|
850
|
265
|
900
|
269
|
950
|
274
|
1000
|
278
|
1100
|
285
|
1200
|
291
|
1300
|
297
|
1400
|
302
|
1500
|
306
|
1600
|
310
|
1700
|
313
|
1800
|
317
|
1900
|
320
|
2000
|
322
|
2200
|
327
|
2400
|
331
|
2600
|
335
|
2800
|
338
|
3000
|
341
|
3500
|
346
|
4000
|
351
|
4500
|
354
|
5000
|
357
|
6000
|
361
|
7000
|
364
|
8000
|
367
|
9000
|
368
|
10000
|
370
|
15000
|
375
|
20000
|
377
|
30000
|
379
|
40000
|
380
|
50000
|
381
|
75000
|
382
|
100000
|
382
|
1000000
|
384
|
Dari Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan (Sumanto 1995)
0 comments:
Post a Comment