Wednesday, April 18, 2012

Apa itu Hipoglikemia?

Hipoglikemia atau hipoglikemia adalah istilah medis untuk sebuah negara yang dihasilkan oleh lebih rendah dari tingkat normal glukosa darah. Istilah harfiah berarti "di bawah-manis darah" (Gr.''hipo-'',''glykys'',''Haima'').
Hipoglikemia dapat menghasilkan berbagai gejala dan efek tetapi masalah utama timbul dari pasokan memadai glukosa sebagai bahan bakar untuk otak, mengakibatkan gangguan fungsi (neuroglycopenia). Efek dapat berkisar dari samar-samar "firasat buruk" untuk kejang, pingsan, dan (jarang) kerusakan otak permanen atau kematian.
Bentuk yang paling umum dari hipoglikemia sedang dan berat terjadi sebagai komplikasi dari pengobatan diabetes mellitus dengan insulin atau obat oral. Hipoglikemia kurang umum pada orang non-diabetes, namun dapat terjadi pada semua usia, dari banyak penyebab. Di antara penyebab insulin yang berlebihan yang diproduksi dalam tubuh, kesalahan bawaan karbohidrat, asam lemak, metabolisme asam amino atau organik, obat-obatan dan racun, alkohol, kekurangan hormon, tumor tertentu, kelaparan berkepanjangan, dan perubahan metabolisme yang berhubungan dengan infeksi atau kegagalan berbagai sistem organ.
Hipoglikemia diperlakukan cepat dengan mengembalikan tingkat glukosa darah normal oleh konsumsi makanan atau administrasi dekstrosa atau karbohidrat cepat dicerna menjadi glukosa. Dalam keadaan tertentu itu diperlakukan dengan suntikan atau infus glukagon. Hipoglikemia yang berkepanjangan atau berulang dapat dicegah dengan membalikkan atau menghilangkan penyebab yang mendasari, dengan meningkatkan frekuensi makan, dengan obat-obatan seperti diazoxide, octreotide, atau glukokortikoid, atau bahkan dengan operasi pengangkatan pankreas banyak.
Tingkat glukosa darah cukup rendah untuk mendefinisikan hipoglikemia mungkin berbeda untuk orang yang berbeda, dalam situasi yang berbeda, dan untuk tujuan yang berbeda, dan kadang-kadang telah menjadi kontroversi. Kebanyakan orang dewasa yang sehat menjaga kadar glukosa puasa di atas 70 mg / dL (3,9 mmol / L), dan mengembangkan gejala hipoglikemia bila glukosa turun di bawah 55 mg / dL (3 mmol / L).
Kadang-kadang bisa sulit untuk menentukan apakah gejala seseorang adalah karena hipoglikemia. Ahli endokrin (dokter dengan keahlian dalam gangguan metabolisme glukosa) biasanya mempertimbangkan kriteria disebut sebagai tiga serangkai Whipple sebagai bukti konklusif bahwa gejala individu dapat dikaitkan dengan hipoglikemia bukan ke beberapa penyebab lainnya:

  1. Gejala diketahui disebabkan oleh hipoglikemia
  2. Rendah glukosa pada saat gejala-gejala muncul
  3. Pembalikan atau perbaikan gejala atau masalah ketika glukosa dikembalikan ke normal
Hipoglikemia juga merupakan istilah dalam budaya populer dan pengobatan alternatif untuk kondisi, umum sering didiagnosis diri, ditandai dengan kegoyahan dan suasana hati berubah dan berpikir, tetapi tanpa glukosa rendah diukur atau risiko kerusakan parah. Hal ini diperlakukan dengan mengubah pola makan.



sumber:
http://www.news-medical.net/health/What-is-Hypoglycemia-%28Indonesian%29.aspx

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates