Saturday, April 7, 2012

Beda Dokter Kandungan dan Bidan?

Ya jelas bedalah! kalau dokter kan pinter kalau bidan jenius! heuheuhe.. Dokter ahli kandungan itu dulunya dokter umum lalu mengambil spesialisasi untuk kehamilan dan persalinan. Banyak dokter kandungan yang ahli dalam penyakit kandungan atau ginekolog. mereka bisa mendiagnosis dan mengobati komplikasi persalinan selain juga menangani persalinan normal. sebagian ahli kandungan malah ada yang memiliki spesialisai di bidang kehamilan beresiko tinggi.

Nah kalau bidan, biasanya cantik – cantik hehehe yang jelas kebanyakan mereka dari akademi perawat. sekolah perawat lalu mengambil jurusan ilmu kehamilan. persisnya aku gak tau seh.. cuma kira- kira ya begitulah.. beberapa perawat katanya memiliki sertifikasi khusus untuk masalah kehamilan ini, meski ada beberapa pula yang masih harus di dukung oleh dokter. Bidan telah memiliki pelatihan untuk mempertahankan kehamilan. Mereka juga terlatih untuk melakukan pemeriksaan dasar. Jadi jika gak ada keluhan berarti terhadap kehamilan, periksa aja di bidan.. dari pada ke dokter kandungan spesialis.. mahal!

Jika dalam pemeriksaan bidan menemukan hal yang tidak baik, seperti komplikasi atau apa.. mereka juga akan merujuk pasien hamil ke dokter kok. Eh ada juga lho biasanya bidan- bidan yang bersedia datang ke rumah, ya di daerah kamu saya gak tau.. tanyakan aja ke beberapa teman terdekat.

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates