Monday, December 3, 2012

4 Hal Kebiasaan Seorang Blogger Newbie Yang Harus Dihindari


4 kebiasaan blogger newbieAnda merasa masih newbie? jika ya…mungkin dari 4 kebiasaan yang akan saya jelaskan disini pasti sering Anda lakukan, bahkan bukan salah satu saja melainkan semuanya jangan-jangan…??. 4 kebiasaan ini adalah kebiasaan yang buruk jika dilakukan dan sebenarnya akan membuat Anda gagal jika terus-terusan dilakukan.
Sebelumnya, jika Anda belum tahu dan mengerti apa itu newbie? ini saya jelaskan secara singkat saja ya….menurut Wikipedia, Newbie adalah seseorang yang termasuk pendatang baru dalam hal internet, nah..kalau topik yang saya bahas ini adalah dalam dunia blogging untuk bisnis online yang memang masih awam dan biasanya newbie ini rakus akan pengetahuan dan ilmu tentang bidang yang mau diterjuninya yang biasanya banyak tanya sana – tanya sini terutama kepada para senior yang sudah berpengalaman dibidangnya.
Rakus akan pengetahuan dan ilmu sebenarnya sih sah-sah saja dan tidak ada yang perlu dipermasalahkan, namun ketika hal tersebut dilakukan melebihi yang seharusnya diperoleh oleh seorang newbie dan asal main comot sana – comot sini ya bisa-bisa malah menyebabkan kegagalan yang pada akhirnya belum apa-apa, si newbie ini sudah merasa stress dan menyerah dengan bidang yang mau difokusin karena sebenarnya malah tidak fokus lagi serta yang paling parah adalah menyerah duluan tanpa menghasilkan apa pun termasuk penerapan ilmunya.
Nah…bagi Anda seorang newbie atau sebutlah pemula dalam bidang blogging dan bisnis online, silahkan simak 4 kebiasaan di bawah ini yang saya pun sekitar 2 tahun lalu mengalaminya sampai akhirnya menemukan jalan pencerahannya.:)
  • Blog Fanatisme
Ini adalah kebiasaan buruk bagi blogger pemula yang baru memiliki blog terutama yang menggunakan WordPress self hosting dimana si newbie ini akan melakukan reparasi blog sesempurna mungkin, download semua theme, download semua plugin, setting sana-setting situ, optimasi seo dari segala arah padahal mereka belum tahu apa-apa tentang itu yang pada akhirnya aktifitas ngeblog tidak jalan karena tidak lagi fokus pada pengisian artikel. Ingat, poin utama blog adalah artikel, tanpa ini…blog Anda cuma sekedar rumah kosong yang siap diruntuhkan. Malah yang parah…blog pertama belum jalan lancar dan jaya….eh sudah beli domain baru lagi dan bikin blog lagi…ini mau koleksi blog atau ngeblog sih…?
Saran saya, bagi pemula adalah tidak usah terlalu memikirkan desain tampilan ataupun optimasi blog baik itu plugin atau seo tapi fokuslah pada artikel atau konten yang berkualitas serta kuantitas yang stabil terlebih dahulu. Baru setelah kekuatan konten sudah mumpuni, siapkan tenaga, waktu dan pikiran buat optimasi blog Anda.
  • Trafik Fanatisme
Untuk yang satu ini, setelah blog jadi….si newbie lagi-lagi malah langsung fokus kepada pencarian trafik untuk blog barunya. Padahal saya jelaskan sejujurnya nih….tidak ada blog baru yang usianya dibawah 3 bulan akan mendapatkan trafik yang stabil tanpa memperhatikan kualitas dan kuantitas update kontennya. Jika ada pun trafik, pasti hanya sesaat saja karena percuma Anda mencari trafik tanpa ada konten yang bisa dinikmati oleh trafik Anda tersebut.
Saran saya, jika Anda fokus untuk blogging….maka ngebloglah dulu sesuai kodrat untuk apa blog Anda dibuat dengan fokus utama pada konten terlebih dulu tanpa perlu terlalu pusing memikirkan trafik karena trafik itu senantiasa akan ada dan terus meningkat asalkan konten Anda layak mendapatkan trafik tersebut.
  • Monetisasi Fanatisme
Yang ini, blog jadi…udah ada trafik namun masih bisa dihitung dengan sepuluh jari tapi sudah mulai mencari-cari cara untuk memonetisasi blognya baik itu dengan pemasangan iklan PPC atau Promo produk afiliasi. Jika blog Anda baru dan tidak memiliki trafik yang menjanjikan, lantas untuk apa melakukan monetisasi? percuma saja jika pemasangan iklan PPC dan promo produk afiliasi tapi cuma menjadi pajangan blog yang terkadang pemasangan malah terlihat berantakan mirip blog sampah amburadul karena berbagai program monetisasi blog dipasang semua baik di atas, kiri, kanan, bawah sampi tengah-tengah blog penuh dengan program monetisasi ini seperti banner afiliasi, iklan PPC dan lain sebagainya. Yang jelas, semakin sulit blog Anda mendapatkan respek dari pengunjung, karena belum apa-apa sudah dijejali dengan iklan yang terkadang tidak nyambung.
Saran saya….ketika blog Anda masih baru, beri trafik Anda konten yang bermutu…bukan iklan yang justru membutakan konten blog Anda. Bangun jalinan dan kepercayaan pengunjung Anda melalui konten yang powerfull serta bermanfaat bagi pengunjung. Jika hal ini Anda lakukan, maka mereka akan merasakan manfaat akan kehadiran blog Anda dan menjadikannya sebagai blog yang layak dikunjungi karena selalu hadir konten-konten segar yang mencerahkan dan memberikan ilmu baru kepada mereka.
  • Informasi Fanatisme
Inilah sebenarnya yang paling parah dan seringkali pasti dijalankan oleh para newbie baik secara sadar maupun tanpa sadar yaitu selalu mencari-cari informasi tanpa melakukan filterisasi sesuai dengan apa yang mau dijalankannya serta minatnya tentunya.
Newbie ini selalu googling sana-sini, surfing sana-sini, download ini-itu terutama biasanya ebook-ebook yang berkaitan dengan cara mencari uang di internet baik itu melalui blogging atau sebagai internet marketer tanpa blog. Mereka ini biasanya mencari ebook-ebook baik itu yang versi gratisan ataupun premium tentang bisnis online, blogging, afiliasi, adsense dan lain sebagainya untuk dipelajari semuanya yang pada akhirnya mengalami apa yang dinamakan “Information Overload” dan jelas saja….mereka ini akhirnya tidak fokus karena kejejalan banyaknya informasi yang tidak jelas update atau tidaknya, benar atau salahnya dan cocok atau tidaknya buat mereka.
Masih mending jika ebook yang didapat adalah gratis….kalau membeli semua ebook-ebook premium yang ada kan sudah tidak fokus, uang pun melayang sia-sia tanpa ada profit yang didapatkan dari mempelajari ebook premium tersebut. Kalau uang tidak cukup….akhirnya mencari yang versi bajakan tuh…he..he…
Saran saya, tentukan niat terlebih dahulu bahwa Anda akan menjalankan bisnis online bidang yang mana dulu? karena bidang dari bisnis online itu sangatlah luas mulai dari afiliasi, PPC, Seo, Paid review, Flipping atau Jasa online seperti jasa seo yang saya jalankan baru-baru ini. Setelah niat ada….maka fokuslah pada niat Anda itu sampai apa yang Anda fokuskan berjalan sukses baru Anda bisa migrasi melakukan bidang bisnis online lainnya dengan tetap memonitor bidang yang sudah berjalan lancar tersebut.
Nah…itulah 4 kebiasaan berdasarkan apa yang dulu pernah saya alami juga karena tidak bisa dipungkiri, sebelum saya sampi pada titik ini…awalnya saya juga berawal dari seorang newbie baik dalam hal ngeblog dan bisnis online. Sebisa mungkin hindari kebiasaan-kebiasaan tersebut agar langkah Anda lebih cepat meraih kesuksesan. Satu kebiasaan di atas Anda lakukan, maka Anda sedang berdiri di tepi kegagalan yang siap menjatuhkan Anda, Anda lakukan semua kebiasaan di atas, maka Anda akan gagal mejalankan niat bisnis online Anda.
Bagaimana dengan Anda sewaktu newbie atau saat ini masih di posisi newbie? apakah pernah melakukan kebiasaan di atas tersebut dan bagaimana mengatasinya?
Image : politicsforum.org

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates