Sunday, December 30, 2012

Wah, Koinnya Hilang!

 


Bukan sulaap…bukan sihiiirr..!! Siapa yang bisa membuat koin menghilang?? Mudah kok, hanya sekejap saja..trriingg…!! dan koinpun lenyap!! Mau tahu caranya?? Yuk, ikuti langkah-langkah berikut ini…
Yang harus kalian sediakan adalah koin dan gelas bening
Selanjutnya, letakkan koin di atas meja. Kemudian letakkan gelas di atas koin. Apakah kalian masih dapat melihat koinnya? Nah, sekarang isi gelas sampai penuh. Apakah koinnya masih terlihat? Apa yang terjadi? Koinnya menghilang!
 
 
 
 
 
Mengapa koinnya bisa menghilang?
Kita dapat melihat benda jika ada cahaya yang mengenai suatu benda dan cahaya tersebut dipantulkan lagi ke mata kita. Gelas yang kalian pakai untuk percobaan adalah benda bening sehingga bisa meneruskan hampir seluruh cahaya yang mengenai gelas itu. Oleh karena itu, walaupun koin berada di bawah gelas, tetapi koin masih dapat terlihat.
Nah, air juga benda bening, tetapi mengapa koin tidak kelihatan ketika gelas diisi dengan air? Hal ini dikarenakan cahaya yang datang dan melewati dinding gelas yang berisi air mengalami perubahan arah atau pembelokan (pembiasan). Pembiasan cahaya ini hanya akan terjadi apabila cahaya merambat pada dua zat perantara yang kerapatannya berbeda. Air dan gelas memiliki kerapatan yang berbeda sehingga cahaya tidak lagi jatuh ke dasar gelas, dan koinpun menjadi tidak kelihatan.
Foto: engineeringtown.com
Dari berbagai sumber
 
 

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates