Wednesday, December 26, 2012

MANFAAT BUNCIS




Tahukah anda tentang manfaat buncis bagi kesehatan? Di Indonesia buncis begitu populer karena sering digunakan sebagai bahan utama untuk membuat aneka jenis makanan. Tapi tahukah nda ternyata bucis bukan berasal dari Indonesia. Sayuran yang memiliki nama latin phaseolus vulgaris ini sebenarnya berasal dari Peru. "Boontjes" berasal dari bahasa belanda, dan lidah orang Indonesia menyebutnya dengan nama buncis. Indonesia saat ini juga terkenal sabagai salah satu negara produsen buncis terbasar setelah Argentina, China, dan Perancis.

Kandungan Gizi Pada Buncis

khasiat buncis
Buncis masih satu keluarga dengan kacang-kacangan, sehingga banyak sekali manfaat buncis bagi kesehatan. Kandungan gizi yang terdapat dalam tiap 100 gram buncis sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda. Beberapa jenis nutrisi lain juga lengkap terdapat pada sayuran yang satu ini diantaranya vitamin K, A, B1, B2, B3, B6, dan B12. Buncis juga merupakan salah satu sumber antiokidan terbaik. Bahkan penelitian terbaru menunjukkan jika tanaman ini juga mengandung lutein, beta karotin, dan neoxanthin.

Manfaat Buncis Bagi Kesehatan

Mengingat kandungan gizinya yang komplit, sudah dapat dipastikan kita akan banyak memperoleh manfaat kesehatan jika mengkonsumsi sayuran yang satu ini secara rutin. Berdasarkan penelitian, kandungan antioksidan pada buncis lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis kacang-kacangan yang lainnya. Dalam sebuah uji laboratorium pada seekor tikus, buncis terbukti mampu menekan peningkatan kadar lemak dalam darah.

Selain itu tingginya antioksidan yang terdapat pada buncis, terbukti dapat membantu pasien dibetes. Kandungan serat yang cukup tinggi juga akan membantu Anda terhindar dari masalah kesehatan pencernaan. Itulah beberapa manfaat buncis bagi kesehatan yang bisa kita peroleh.

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates