Tuesday, November 20, 2012

Analisa Regresi Linier 5 lanjutan (Dengan SPSS) – Membaca Output Persamaan Regresi Linier


Setelah edisi sebelumnya saya share tentang bagaimana eksekusi regresi linier pasa SPSS, sekarang saatnya kita tahu bagaimana membaca output dari regresi linier tersebut. Setelah data dieksekusi, SPSS akan menampilkan output-output terkait dengan informasi yang kita butuhkan dari data-data yang kita olah. Ada beberapa tabel output yang ditampilkan.

Pada postingan sebelumnya juga sudah saya bahas mengenai cara mendapatkan persamaan regresi. Nah, sekarang saatnya kita bahas bagaimana membaca persamaan regresi tersebut. Misalnya saja saya telah mendapatkan persamaan regresi dari data yang digunakan untuk analisa “Pengaruh belajar pada nilai seorang siswa” seperti ilustrasi pada edisi postingan pertama saya. Berikut persamaan tersebut :

Y = -0.132 + 0.45 X1 – 0.35 X2 + 0.581 X3
Dengan :
Y   = Nilai salah satu mata pelajaran siswa
X1 = Banyaknya buku yang dipelajari
X2 = Banyaknya guru yang mengajar mata pelajaran tersebut
X3 = Banyaknya waktu yang digunakan untuk mempelajari mata pelajaran tersebut dalam satu minggu

Cara pembacaan persamaan =

  • Angka -0,132 menunjukkan, jika semua variabel (X1, X2, X3) bernilai nol, maka nilai Y akan -0,132
Dapat diartikan : Jika siswa tidak punya buku, tidak ada guru yang mengajar, dan juga tidak mempelajari mata pelajaran tersebut, maka nilai siswa akan mengalami penurunan sebesar 13,2%

  • Angka +0,45 X1 menunjukkan, jika variabel lain tetap, dan variabel X1 mengalami peningkatan, maka Y akan mengalami peningkatan sebesar 0,45
Dapat diartikan : Jika variabel lain tetap, sedangkan buku yang dipelajari siswa semakin banyak, maka tiap penambahan buku oleh siswa akan mendongkrak nilai sebesar 45%

  • Angka -0,35 X2 menunjukkan, jika variabel lain tetap, sedang variabel X2 naik, maka Y akan mengalami penurunan sebesar 0,35
Dapat diartikan : Jika variabel yang lain tetap, sedangkan guru yang mengajar mata pelajaran tersebut bertambah, maka nilai siswa tersebut akan turun sebesar 35%. (mungkin gurunya galak-galak hehe)

  • Angka +0,581 X3 menunjukkan, jika nilai variabel yang lain tetap, dan variabel X3 mengalami kenaikan, maka nilai Y juga akan mengalami kenaikan sebesar 0,581
Dapat diartikan : Jika variabel lain tetap, sedangkan siswa semakin banyak menggunakan waktu untuk mempelajari mata pelajaran tersebut, maka nilainya akan meningkat sebesar 58,1%.
Dari uraian persamaan linier tersebut dapat disimpulkan bahwa:

  1. Tanpa adanya variabel buku, guru, dan waktu, nilai akan turun
  2. Waktu belajar berpengaruh paling besar terhadap nilai siswa
  3. Guru yang semakin banyak untuk satu mata pelajaran akan membuat siswa bingung sehingga menurunkan nilainya

Yap, begitulah kurang lebih cara membaca persamaan regresi linier hasil output SPSS. Semoga berguna. Untuk pembacaan output yang lain kita lanjutkan di lain waktu.

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates