Sunday, December 9, 2012

(Part 3) Presentasi Bahasa Inggris: Membawakan Presentasi


Pada dua tulisan sebelumnya kita telah membahas persiapan dan bahasa presentasi. Sekarang kita akan membahas bagian inti dari presentasi itu sendiri, yakni membawakan presentasi bahasa Inggris.
Presentasi biasanya dibagi menjadi 3 bagian utama (ditambah sesi tanya-jawab):
Bagian 1 – INTRODUCTION
Bagian 2 – BODY
Bagian 3 – CONCLUSION
Plus TANYA-JAWAB
Kita akan membahas setiap dari ketiga bagian ini secara lebih rinci sebagai berikut.
INTRODUCTION (Pembukaan)

Introduction atau pembukaan merupakan bagian yang paling penting dari presentasi. Cara anda membuka presentasi akan memberikan kesan pertama bagi peserta. Anda harus berkonsentrasi agar bisa melakukan pembukaan dengan baik dan benar. Bagian pembukaan ditujukan untuk:
  1. Menyambut para peserta
  2. Memperkenalkan topik yang akan dipresentasikan
  3. Memberikan garis besar struktur presentasi
  4. Memberikan instruksi tentang cara bertanya
Berikut adalah beberapa contoh ungkapan yang dapat digunakan untuk masing-masing tujuan di atas. Tentunya anda perlu memodifikasinya sesuai kebutuhan.
Menyambut para peserta
Mulailah dengan mengucapkan salam/greeting, kemudian diikuti dengan ucapan terima kasih atas kehadiran peserta atau atas kesempatan yang diberikan. Jika memang diperlukan, perkenalkan diri anda secara singkat dan posisi anda dalam membawakan presentasi tersebut. Contoh:
- “Good morning, ladies and gentlemen. First of all I would like to say thank you very much for coming today, it’s great to see you all here.”
- “Good morning, everybody. Before start I would like to say thank you for coming today, it’s an honor to be here with you today. My name is Masdin and I’m the manager of LSE Project”.
Memperkenalkan topik presentasi
Setelah mengucapkan salam dan menyambut peserta, selanjutnya anda perlu menyatakan tujuan atau topik presentasi. Contoh:
- “I am going to talk today about ….”
- “The porpuse of my presentation is to ….”
- “Today we are going to look at the ….”
Memaparkan garis-garis besar presentasi
Selanjutnya anda perlu memaparkan garis-garis besar atau urutan poin-poin presentasi untuk memberikan gambaran umum bagi peserta tentang arah presentasi yang akan anda bawakan. Contoh:
- “To start with I’ll describe the progress made this year. Then I’ll mention some of the problems we’ve encountered and how we overcame them. After that I’ll consider the possibilities for further growth next year. Finally, I’ll summarize my presentation.”
- “First we will look at the proposed schedule, next we will look at ways of improving the schedule, finally you will hear three strategies we can consider. We hope this will help you see the key points we need to keep in mind as we evaluate the benefits and risks of this project.”
Menjelaskan cara bertanya bagi peserta
Setelah semua tahapan di atas, anda juga perlu menjelaskan kepada peserta ‘aturan main’ dalam memberikan pertanyaan. Contoh:
- “Do feel free to interrupt me if you have any questions.”
- “I’ll try to answer all of your questions after the presentation.”
- “I plan to keep some time for questions after the presentation.”
BODY (Isi Presentasi)
Bagian body adalah presentasi yang sesungguhnya. Jika bagian pembukaan dipersiapkan dan diutarakan dengan baik, maka tentunya anda dapat memegang ‘kendali’. Anda akan merasa rileks dan percaya diri.
Bagian body presentasi harus terstruktur dengan baik, dibagi secara runtut, dengan banyak visual yang ditata dengan hati-hati.
Ingat poin-poin penting berikut saat menyampaikan body (isi) presentasi anda:
  • jangan terburu-buru
  • bersemangat
  • memberi waktu untuk mengamati visual-visual
  • mempertahankan eye-contact
  • mengatur suara
  • tampil bersahabat
  • patuh pada struktur presentasi
  • menggunakan catatan kecil
  • membuat signposting (‘penunjuk jalan’) selama presentasi
  • tetap sopan ketika menghandle pertanyaan-pertanyaan sulit
CONCLUSION (Kesimpulan)
Kesimpulan digunakan untuk:
  1. Merangkum
  2. Memberikan saran-saran jika perlu
  3. Berterima kasih kepada audiens
  4. Mempersilakan bertanya
Berikut beberapa contoh ungkapan yang bisa digunakan pada bagian Conclusion. Tentunya anda dapat melakukan modifikasi sesuai kebutuhan.
Merangkum
- “To conclude,…”
- “In conclusion,…”
- “Now, to sum up…”
- “So let me summarise/recap what I’ve said.”
- “Finally, may I remind you of some of the main points we’ve considered.”
Memberikan saran-saran
- “In conclusion, my recommendations are…”
- “I therefore suggest/propose/recommend the following strategy.”
Berterima kasih kepada audiens
- “Many thanks for your attention.”
- “May I thank you all for being such an attentive audience.”
Mempersilakan bertanya
- “Now I’ll try to answer any questions you may have.”
- “Can I answer any questions?”
- “Are there any questions?”
- “Do you have any questions?”
- “Are there any final questions?”
QUESTIONS (Tanya-Jawab)
Pertanyaan merupakan peluang yang baik bagi anda untuk berinteraksi dengan peserta. Cobalah memprediksi pertanyaan-pertanyaan yang mungkin ditanyakan sehingga anda bisa mempersiapkan kemungkinan-kemungkinan jawaban sebelumnya. Anda bisa membolehkan peserta bertanya sambil anda membawakan presentasi, atau mempersiapkan waktu khusus di akhir presentasi. Normalnya, itu tergantung kepada anda, dan harus menjelaskan hal ini di bagian pembukaan (seperti dijelaskan di atas). Bersikaplah sopan dengan semua penanya, bahkan jika mereka menanyakan pertanyaan-pertanyaan sulit. Biasanya, anda bisa merumuskan ulang sebuah pertanyaan yagn dianggap kurang jelas. Atau menjawab pertanyaan dengan pertanyaan lain. Atau bahkan meminta komentar atau tanggapan dari peserta yang lain.
Demikianlah bagaimana melakukan presentasi bahasa Inggris, biasakan diri anda melakukan presentasi dengan pola-pola ini dan anda akan terlihat profesional dalam setiap kesempatan presentasi.

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates