Wednesday, December 12, 2012

Siapa Bilang Nabi Isa (Yesus) Hidup Membujang? Ini Bukti dalam Manuskrip Injil


prof-karen-kingUmat Kristen di seluruh Amerika Serikat (AS) bereaksi skeptis dan mencemooh secarik manuskrip yang dipamerkan Profesor Karen King yang menunjukan kemungkinan Yesus pernah menikah.
Beberapa orang menyikapi pemberitaan tersebut dengan hati-hati, sementara yang lainnya mempertanyakan keaslian manuskrip yang dipresentasikan Profesor Karen King, seorang Hollis Profesor of Divinity di Harvard Divinity School di Cambridge, Massachusetts tersebut.
Pendiri gereja terbesar di Florida, gereja Calvary Chapel of Fort Lauderdale, Boy Coy mengatakan dokumen tersebut mungkin palsu atau bisa juga salah cetak. Coy menggambarkan jemaatnya yang berjumlah 20 ribu orang sebagai jemaat yang "sangat cerdas". Mungkin ada individu yang mau bersenang-senang dengan pemberitaan ini, tapi keyakinan mereka tidak akan terpengaruhi oleh pemberitaan ini.
"Firman Allah adalah firman Allah. Dan itu bukan firman Allah," ungkap Coy menyinggung manuskrip berukuran 8×4 cm tersebut seperti diberitakan RIA Novosti, Kamis (19/9/2012).
Sementara seorang pendeta pembaptis di Petro dan profesor studi Alkitab di Sekolah Quartz Hill of Theology di Quartz Hill, California, Jim West mengatakan sumber teks tersebut tidak jelas. West mengatakan, dalam injil perjanjian baru tidak dibahas tentang status perkawinan Yesus, sementara teks pada abad ke 2 dan ke 3 mengatakan bahwa ia tidak menikah.
Beberapa kelompok kristen awalnya mengatakan Yesus menikah, tapi sebagian besar menolak klaim tersebut. Sementara itu juru bicara Keuskupan Agung Katolik Boston, Terrence C. Donilon mengatakan berita tersebut menunjukan bahwa diskusi ilmiah telah dimulai.
"Mungkin suatu hari nanti kita akan sampai pada sebuah kesimpulan. Sementara itu, kita ikuti ajaran gereja yang telah ribuan tahun diajarkan," ungkap Donilon.
Kemarin, Profesor Karen King, seorang Profesor yang mampu membaca naskah Koptik kuno, mempresentasikan hasil temuannya yang telah melalui serangkaian tes dan penelitian untuk menguji keaslian fragmen yang ditulis pada masa Koptik Mesir kuno itu.
Karen King mencoba menyodorkan sebuah bukti pertama bahwa sejumlah orang Kristen percaya Yesus pernah menikah.
Papirus Kuno Nyatakan Yesus Menikah
Berdasarkan kepercayaan Umat Kristen, Yesus tidak pernah menikah. Tapi, sebuah papirus kuno mengungkapkan hal sebaliknya. Dalam papirus kuno itu terungkap kebenaran jika Yesus pernah menikah. Tulisan dalam papirus itu menggunakan bahasa Mesir kuno, koptik. Adapun isi tulisannya berbunyi "Yesus kepada mereka, istri saya".
Namun, tidak disebutkan asal papirus kuno tersebut. Pakar Ketuhanan, Harvard Divinity School, Massachusetts, Karen King mengatakan dalam tradisi Kristen disebutkan Yesus tidak menikah. Klaim itu tidak didukung fakta sejarah.
"Pada Injil Perjanjian Baru tidak menyebut Yesus menikah. Namun, itu membuat kita terlibat dalam perdebatan," papar dia seperti dikutip onislam.net, Rabu (19/9).
Menurut King, isi dari papirus akan memicu perdebatan tentang apakah Yesus menikah atau tidak. Sebab, sejarah tidak menjelaskan apapun. "Jadi, kalau kita dalam posisi sebelum papirus itu ditemukan. Kita tidak akan tahu apakah ia sudah menikah atau belum," ucapnya. Sebagian besar penganut Protestan dan Katolik telah lama mempertahankan klaim Yesus tidak menikah. Namun, ada sejumlah aliran dalam Kristen yang menyatakan sebaliknya.
Pada 2003, Dan Brown dalam bukunya 'The Da Vinci Code' menuliskan Yesus memiliki istri. Hal itu memicu kemarahan dikalangan umat Kristen. King mengatakan papirus itu menjadi bukti awal sejumlah penganut awal Kristen percaya Yesus telah menikah. "Pada periode lain, diketahui mereka percaya, tapi mereka tidak menyebut detail," kata dia.
Selanjutnya, kata dia, penganut Kristen pada periode berikutnya secara lisan mengklaim Yesus tidak pernah menikah. Para teolog ketika melihat itu menyatakan temuan tersebut adalah bukti otentik Yesus menikah.
"Saya percaya, dengan merujuk tata bahasa yang digunaka, ini otentik," ungkap Ahli bahasa Koptik, Universitas Ubrani, Yerusalem, Shisha Halevy. (Sumber: miftah19.wordpress.com)

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates