Tuesday, December 11, 2012

Tips Menggunakan Facebook Untuk BISNIS ONLINE


Tips Menggunakan Facebook Untuk BISNIS ONLINEFacebook adalah Media Sosial paling populer di seluruh dunia.
Bahkan di Indonesia, saya yakin Facebook sudah mengalahkan Google sang raksasa Search Engine dari sisi banyaknya diakses dan paling lama orang bertahan menggunakannya dalam sehari.
Hal ini juga bisa dilihat dari fenomena, banyaknya orang yang langsung membuka Facebook di awal pertama dia menghidupkan komputer.
Baru setelah facebook online, selanjutnya orang membuka situs-situs yang lainnya termasuk aktivitas Googling.

Ada beberapa anggapan NEGATIF yang membuat kita tidak mau menggunakan Facebook untuk BISNIS ONLINE kita.

Beberapa diantaranya adalah :

  1. Facebook masih dianggap untuk anak-anak. Padahal sampai hari ini banyak perusahaan besar di Indonesia dan di Dunia yang memanfaatkan Facebook sebagai media promosi dan marketing.
  2. Facebook terlalu banyak penipuan, yang itu berarti BERJUALAN di Facebook akan sulit laku. Pendapat ini mungkin logis, tapi nyatanya penjualan di Facebook masih terjadi, dan penjual yang JUJUR dan SERIUS masih banyak lalu lalang di WALL Facebook kita.
  3. Belum tahu bagaimana cara MENJUAL LEWAT FACEBOOK. Kalau ini harus mau belajar agar tahu cara yang benar menjual lewat Facebook.
Tapi yakinlah, jika kita mengambil keputusan menjadi peBISNIS ONLINE, kita tidak boleh meninggalkan Facebook dan media-media sosial lainnya. TIDAK BOLEH!! <- bukan marah-marah…
Kita harus menggunakannya secara maksimal untuk memperbesar bisnis kita, untuk promosi, marketing dan sekaligus mendapatkan PENJUALAN.
Apalagi Facebook GRATISAN gitu loh!! Masak ada media sosial KEREN dan GRATISAN kita ngga mau manfaatkan??
Wo tidak bisa…
Nah, sekarang lebih baik kita membicarakan Tips Menggunakan Facebook Untuk Bisnis ONLINE kita. Ini dia beberapa tips yang bisa kita jalankan :

1. LAKUKAN SOFT SELLING DI FACEBOOK. Ajaklah Ngobrol Teman Anda, Jangan Langsung Menawarkan Barang atau Jasa.

Jangan pernah melakukan promosi atau marketing secara KASAR di Facebook. Marketing secara KASAR itu diantaranya : Menjual dengan cara PIDATO, memuji-muji Barang dan JASA kita secara NARSIS GILA, Nge-TAG sesuatu yang ngga penting buat orang yang berisi barang dagangan kita secara MEMBABI BUTA dan TERUS MENERUS, dan masih banyak lagi contoh yang KASAR dalam mempromosikan Produk kita.
Cara terbaik dengan cara halus, bahasa kerennya MENJUAL DENGAN DIAM-DIAM alias Soft Marketing. Kita nulis status tentang berat badan misalnya, copy paste boleh dari artikel yang ilmiah, atau cerita pengalaman hidup teman, tetangga atau diri sendiri. Lalu di ujung cerita, kita perkenalkan produk kita dengan baik-baik…
Kalau kita melakukan promosi dan marketing KASAR di Facebook, percayalah orang akan LANGSUNG KABUR. Bahkan bukan tidak mungkin anda di remove dari pertemanan.

2. SERINGLAH MEMBUAT STATUS LUCU, MENARIK, PENTING, UP TO DATE dan JUGA COCOK DENGAN BRANDING DIRI dan BRANDING BISNIS.

Menulis status secara rutin itu bagus dan penting. Menulis status yang menarik, jauh lebih penting. Status menarik itu diantaranya: status lucu, status yang up to date, berita terbaru dll, dan jangan lupa sering2lah update status yang sesuai dengan branding diri dan bisnis.
Misal, jika bisnis kita tentang Modifikasi Motor dan Mobil misalnya. Maka sering-seringlah update status yang berhubungan dengan dunia motor, mobil. modifikasi dll yang berhubungan dengan itu.
Semakin sering kita membicarakan suatu TEMA tertentu, orang akan mengira kita ahli di bidang itu. Walaupun kadang copy paste. Its OKAY!

3. SESEKALI TULISKAN TENTANG DIRI ANDA.

Meski anda dituntut tampil anggun di Facebook, tapi jangan lupa bersikaplah layaknya manusia. Pastikan orang tahu bahwa akun Facebook anda adalah manusia, bukan MESIN atau ROBOT.
Tulislah hobi anda, impian anda, pengalaman mudik dll. sebagai selingan status Facebook anda.
Orang lebih senang berteman dengan manusia daripada dengan ROBOT. Betul?

4. DISELA STATUS ITU SESEKALI TAMPILKAN PROFIL BISNIS ANDA.

Diantara status-status tersebut, sesekali tulislah dengan GAMBLANG bahwa anda memiliki bisnis ini dan bisnis itu, punya website ini dan website itu. Hal ini untuk menegaskan bahwa kita BISNISMAN dan agar orang tahu APA BISNIS ANDA.
-
Tips terbaik dari seluruh tips adalah LANGSUNG PRAKTEK!! Selamat mencoba…

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates