Thursday, December 6, 2012

Garam Inggris yang Menenangkan Tubuh

n Minggu

Jakarta, 'Keajaiban' garam Inggris telah dikenal selama beratus tahun yang lalu. Garam Inggris dipercaya mujarab menyembuhkan berbagai macam penyakit. Apa saja khasiat garam Inggris?

Penamaan garam Inggris atau Epsom salt karena garam ini berasal dari Epsom, Surrey, Inggris.

Berbeda dengan garam meja yang mengandung natrium klorida, kandungan garam Inggris adalah magnesium sulfat. Kandungan inilah yang membuat garam Inggris bersifat menguntungkan, karena dapat menenangkan tubuh, pikiran dan jiwa.

Seperti dilansir dari Ehow dan Buzzle, Senin (17/5/2010), berikut adalah khasiat garam Inggris:

1. Meringankan stres dan membuat tubuh santai

Stres dapat menghilangkan magnesium dari dalam tubuh. Kandungan magnesium sulfat garam Inggris yang dilarutkan dalam air hangat dapat diserap melalui kulit dan mengisi ulang tingkat magnesium dalam tubuh.

Garam juga dapat menarik racun dari tubuh, menenangkan sistem saraf, mengurangi pembengkakan dan membuat otot-otot rileks.

Magnesium membantu menghasilkan serotonin, zat kimia yang meningkatkan suasana hati di otak dan menciptakan rasa tenang dan relaksasi. Penelitian menunjukkan magnesium yang juga meningkatkan daya tahan dan energi yang memicu produksi ATP (adenosine triphosphate) paket energi dalam sel.

Magnesium dapat mengurangi iritasi dengan mengurangi efek adrenalin. Juga mengurangi tekanan darah, menciptakan rasa relaksasi, memperbaiki kualitas tidur, konsentrasi dan membantu otot dan saraf berfungsi dengan baik.

2. Mengurangi rasa sakit dan kram otot

Merendam kaki dalam bak dengan setengah cangkir garam Inggris, tidak hanya menghilangkan lelah, tetapi juga menghilangkan bau kaki.

Garam Inggris menetralisir bau kaki dan melembutkan kulit. Mandi garam Inggris juga diketahui dapat meringankan peradangan dan mengurangi rasa sakit, sehingga bermanfaat dalam pengobatan sakit otot, asma dan migrain.

Selain itu juga dapat menyembuhkan luka, mengurangi rasa sakit dari melahirkan dan hidung tersumbat karena flu.

3. Mengangkat kulit mati

Cobalah pijat dengan satu sendok makan garam Inggris yang dicampur dengan minyak zaitun atau minyak mandi dan digosok ke seluruh tubuh, ini dapat mengangkat kulit mati dan melembutkan kulit.

4. Membantu otot dan saraf berfungsi dengan baik


Studi menunjukkan bahwa magnesium adalah elektrolit dan membantu untuk memastikan berfungsinya otot, saraf dan enzim dengan baik. Garam Inggris juga penting untuk pemanfaatan yang tepat dari kalsium dalam sel, dan dapat mengobati reumatik atau radang sendi.

5. Membantu mencegah pengerasan arteri dan pembekuan darah

Garam Inggris juga dipercaya membantu mencegah penyakit jantung dan stroke dengan menurunkan tekan darah, melindungi elastisitas pembuluh darah, mencegah pembekuan darah dan mengurangi risiko kematian serangan jantung mendadak.

6. Membuat insulin lebih efektif

Garam Inggris ini juga meningkatkan efektivitas insulin, membantu menurunkan risiko atau keparahan diabetes.

7. Meredakan konstipasi atau sembelit


Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa garam Inggris dapat juga digunakan untuk mengobati sembelit. Garam Inggris bertindak seperti pencahar.

Garam Inggris meningkatkan air dalam usus dan dapat membantu sembelit. Namun, sangat diperingatkan bahwa garam Inggris tidak boleh digunakan untuk meringankan sembelit tanpa konsultasi dokter karena dapat berbahaya dalam beberapa kasus.

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates