Tuesday, December 4, 2012

Langkah-langkah dalam Memulai Online Bisnis di Bidang Periklanan


Memulai Online Bisnis

Kemajuan teknologi internet akhir-akhir ini membuat internet semakin merakyat. Sekarang, internet tidak susah untuk diakses seperti dulu lagi karena dulu biaya internet cukup mahal dan koneksinya pun relatif lambat. Sekarang, hanya dengan uang sebesar Rp50 ribu per bulan, anda sudah bisa berlangganan internet. Bandingkan saja dengan beberapa tahun ke belakang dimana anda harus merogoh kocek ratusan ribu rupiah untuk dapat berlangganan internet. Hal ini tentunya membuat populasi pengguna internet meningkat drastis. Pengguna internet tersebut mengakses internet untuk berbagai macam kebutuhan yang sudah menjadi menu wajib mereka sehari-hari, seperti untuk bersosialisasi lewat forum-forum atau jejaring sosial, untuk mencari pengetahuan, untuk mencari berita, dan bahkan untuk berbisnis. Ya, kemajuan teknologi internet membuat online bisnis bukan sesuatu asing lagi. Sekarang ini sudah banyak sekali orang yang memiliki penghasilan yang cukup banyak hanya dengan menyempatkan diri untuk duduk di depan komputer mereka dan mengakses internet selama beberapa jam setiap harinya. Tentunya hal seperti ini bisa dilakukan di mana saja, termasuk di rumah sendiri. Ada beberapa jenis online bisnis yang bisa dilakukan, mulai dari bisnis jual-beli produk, penjualan jasa, sampai dengan periklanan yang semakin marak saat ini. Dengan maraknya online bisnis di bidang periklanan ini, tidak ada salahnya bagi anda untuk ikut mencoba bisnis yang satu ini.
Sebenarnya, dalam menjalankan online bisnis di bidang periklanan ini cukup mudah, asalkan anda punya pengetahuan yang cukup dan waktu kosong sekitar satu atau dua jam setiap harinya. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu anda lakukan jika anda ingin terjun ke dunia online bisnis di bidang periklanan:
Buatlah sebuah blog
Pada mulanya blog hanya berfungsi sebagai diary atau buku harian seseorang. Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa blog juga bisa dikomersilkan. Jika diibaratkan, blog seperti sebuah koran atau majalah yang berisi beragam informasi yang mungkin cukup menarik untuk dibaca oleh masyarakat luas. Jadi, blog adalah fondasi dari bisnis online. Untuk membuat blog, anda hanya perlu mengakses sebuah situs yang dapat memfasilitasi anda dalam hal pembuatan blog, seperti blogspot.com dan wordpress.com. Di sana anda dapat memilih untuk membuat blog yang gratisan ataupun yang berbayar. Jika anda bingung ingin memilih yang mana, maka akan kami beri saran. Jika anda ingin mencoba-coba dulu, maka pilih saja yang gratisan. Tetapi, jika anda ingin langsung serius menjalankan bisnis ini, maka pilihlah yang berbayar. Perlu diingat juga bahwa jika anda memilih yang berbayar, maka anda perlu menyewa web hosting terlebih dahulu sebelum blog anda tersebut bisa online. Namun jangan khawatir, penyewaan web hosting bisa anda lakukan setelah blog anda sudah selesai dan siap untuk dipublikasikan.
Buatlah tulisan-tulisan artikel yang bermutu (unique)
Tidak jarang orang mengakses internet untuk informasi atau ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, sediakanlah informasi atau ilmu pengetahuan tersebut di blog anda. Semakin banyak artikel yang ada di blog anda, maka kemungkinan blog anda mendapat lebih banyak pengunjung pun akan semakin besar. Selain itu, para mesin pencari seperti mesin pencari Google dan mesin pencari Yahoo! juga akan semakin senang dengan blog anda dan akan menempatkannya pada posisi teratas. Namun, perlu diingat juga bahwa artikel-artikel yang anda masukkan ke dalam blog anda harus unik atau dengan kata lain harus asli tulisan anda sendiri yang tidak pernah dipublikasikan di internet pada situs atau blog manapun. Ini karena artikel-artikel unik tersebutlah yang disukai oleh para mesin pencari, karena bukan merupakan aksi plagiat.
Daftarkanlah blog anda ke program-program pengiklan komersial
Langkah ketiga inilah yang dapat mendatangkan uang pada anda melalui blog anda. Ada banyak program pengiklan komersial di luar sana. Salah satunya yang paling terkenal saat ini adalah Google Adsense. Dengan mendaftarkan blog anda pada Google Adsense, maka anda berhak menjadi agen Google yang mengiklankan iklan-iklan yang dititipkan ke Google oleh para pelaku bisnis lain. Sistem yang digunakan dalam Google Adsense adalah “paid per click”. Jadi, anda akan mendapatkan imbalan untuk setiap kali iklan yang anda pasang pada blog anda diklik oleh pengunjung blog anda tersebut.
Itulah beberapa langkah untuk menjalankan online bisnis di bidang periklanan. Semoga bermanfaat dan sukses selalu.

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates