Thursday, December 13, 2012

Tip Sales: Memancing Ikan


Pagi ini saya bangun lebih awal untuk menyusuri keindahan Teluk PALU yang dikelilingi oleh pegunungan, sebuah pemandangan yang begitu indah.
Di pinggir Teluk saya memperhatikan nampak ada beberapa orang yang sedang memancing ikan, nampaknya mereka bangun lebih pagi dari saya. Melihat mereka saya jadi teringat akan teman-teman SALES, yah dimanapun berada dan apapun yang saya lihat selalu saja ada inspirasi yang bisa didapat dan berhubungan dengan penjualan.
Ternyata MEMANCING juga sama dengan MENJUAL. Untuk mendapatkan ikan (hasil) maka seorang pemancing (penjual) memerlukan 3 hal. Yaitu : NIAT, UMPAN dan KESABARAN.
NIAT : Karena untuk memancing anda harus bangun lebih pagi dan benar-benar mau memancing. Kalau anda sekedar ikut-ikutan, maka anda tidak akan mau bangun lebih pagi dan berpanas-panasan untuk sekedar mendapatkan ikan. Niat yang kuat membuat anda menikmati proses memancing. Sama juga dengan menjual, apakah anda punya niat yang kuat untuk menjual? Mau bangun lebih pagi, pulang lebih lama dan bekerja keras untuk mendapatkan hasil penjualan.
UMPAN : Untuk mendapatkan ikan maka anda harus mempersiapkan umpan. Memancing tanpa umpan adalah sebuah kebodohan dan kesia-siaan, karena tidak akan pernah ada ikan yang tertarik memakan kail yang kosong. Demikian juga seorang SALES, untuk mendapatkan hasil maka anda harus mempersiapkan umpan. Umpan yang dimaksud adalah hal-hal yang akan membuat calon pelanggan tertarik untuk membeli dari anda, seperti : penampilan, pengetahuan dan keterampilan menjual anda. Kalau melihat anda saja calon pelanggan tidak tertarik, bagaimana berharap mereka mau membeli dari anda?
KESABARAN : Setelah ada niat dan umpan sudah dipersiapkan maka bukan berarti anda akan segera mendapatkan ikan, tapi perlu waktu yang terkadang bisa cepat tapi tidak jarang juga lama. Disinilah diperlukan sebuah kesabaran. Menjual juga memerlukan kesabaran, untuk mendapatkan sebuah penjualan terkadang waktu dan proses yang dilalui begitu lama dan berbelit-belit.
Akhirnya setelah ada NIAT, UMPAN dan KESABARAN maka tinggal menunggu waktu anda akan mendapatkan hasil tangkapan (penjualan) anda. Dan besar kecilnya hasil penjualan anda tergantung seberapa besar NIAT, UMPAN dan KESABARAN yang anda miliki.

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates