Thursday, December 13, 2012

Tips Menggenjot Penjualan


Grafik penjualan itu harusnya naik terus bukannya naik turun dan inilah yang mesti kita perjuangkan supaya kita bisa terus tumbuh untuk itu kita mesti tau level psikologis harga yang bisa ditoleransi oeh konsumen di pasar yang kita bidik.
    Gimana ya caranya ngangkat omset di bisnis saya ya pak?
Kuncinya di promosi, secara saya pribadi hanya teori aja sih, teori yang langsung saya praktekkan.
Contohnya begini ini yang saya lakukan : promosi itu disesuaikan dengan situasi dan kondisi, omset warung Pecel Wenmit saya di Royal Plaza bisa naik setelah saya tau psikologi harga yang disukai pembeli di Royal Plaza adalah di bawah 10 ribu untuk makanan minum.  Untuk makanan pembeli menyukai makanan yang dijual di kisaran harga 5 ribu dan 7 ribu maksimal.
Lalu berdasarkan pengamatan saya dan team lebih lanjut ternyata pembeli paling potensial di warung kami yang ada mall itu justru bukan dari para pengunjung yang datang jalan-jalan dan berbelanja di sana. Dari hasil evaliasi kami hal itu bisa terjadi disebabkan karena para pengunjung nggak punya ikatan yang kuat dengan makanan kita. Justru konsumen potensial kami adalah para SPG atau para penjaga aneka toko yang ada dimall ini dan karyawan dari managemen mall Royal Plaza.
Untuk itu maka kami harus bekerja keras jemput bola konsumen bukannya diam menunggu pembeli datang, akhirnya kami adakan perubahan sedikit pada tugas karyawan saya, selain mereka bertugas melayani pembeli yang datang, mereka juga bertugas melayani delivery order pesanan para karyawan dan SPG. Untuk mendapatkan order delivery maka karyawan di warung saya itu juga harus rajin membagi brosur delivery order ke tiap outlet yang ada di Royal Plaza.
Itu sekedar contoh yang saya alami, tapi aplikasi dilapangan ya tergantung creativitas masing-masing pelaku dan juga tergantung bisnis masing-masing, juga tergantung dari lokasi tempat kita berbisnis kan.
    Jadi Untuk usaha saya, langkah apa yg harus lakukan pak ?
Coba deh lakukan evaluasi seperti evaluasi yang saya lakukan setiap hari pada usaha saya, ntar juga asti akan ketemu…
    Berdasarkan paparan tadi, jadi selain menggenjot promosi saya juga harus nambah anak buah saya bagian marketing dan deliveri ya pak?
Nggak harus berbarengan sekaligus sih, kita kan bisa atur mana yang urgent duluan. Delivery akan berlangsung jika permintaan banyak, dan sementara belum ada permintaan si marketing bisa merangkap sebagai deliveri kan. Jadi aplikasi dilapangan ya bener-bener tergantung creativitas masing-masing pelaku dan juga tergantung bisnis masing-masing, juga tergantung dari lokasi tempat kita berbisnis.
    Oke deh seep…. Siap actioon sekarang!!!!

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates