Saturday, February 23, 2013

AGAR BATERAI BLACKBERRY AWET

Nah, untuk mengantisipasi agar baterai bb kita tidak boros maka pada postingan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang Tips Agar Baterai Blackberry Tidak Boros. Para pengguna gadget blackberry pasti udah sering mengalami yang namanya Baterai Blackberry Cepat habis atau boros. Hal ini disebabkan karena Gadget seperti BlackBerry pastinya membutuhkan banyak energi untuk mendukung kinerjanya, diantaranya Untuk memaksimalkan kinerja fitur Blackberry (browser push, dukungan 3G & 2G, aplikasi BBM, koneksi real-time, dan fitur-fitur lainnya) tentu saja membutuhkan daya yang lebih banyak.
Tips Agar Baterai Blackberry Tidak Boros

Baterai BlackBerry sendiri sebenarnya telah dioptimalkan untuk mendukung segala fitur tersebut. Namun tetap saja kondisi baterai akan menurun seiring dengan masa penggunaannya. Berbeda dengan kondisi baterai BB saat masih baru, dimana baterai tersebut bisa bertahan selama 2-3 hari.

Banyak faktor yang mempengaruhi daya tahan baterai BlackBerry, seperti tingkat penggunaan/aktivitas, serta pengaturan (setting) pada BlackBerry itu sendiri. So, melakukan sedikit perubahan pada pengaturan Blackberry tentu saja dapat memperpanjang daya tahan baterai, tanpa harus menurunkan volume aktivitas BlackBerry yang umumnya memang sangat padat, alias tak pernah lepas dari genggaman .

Untuk menghemat baterai BB, sekaligus memperpanjang umur baterai, cukup dengan mengubah beberapa pengaturan pada Options. Apa saja yang harus diset?
Berikut adalah Pengaturan Tips Agar Baterai Blackberry Tidak Boros yang harus diset agar baterai BlackBerry sobat bisa digunakan lebih lama.

1. Kurangi tingkat kecerahan layar/backlight brightness (screen brightness)
Tinkat kecerahan yang paling minimum pada BlackBerry pun masih ‘cukup terang’ untuk digunakan. Untuk mengaturnya, masuk Option –> Screen/Keyboard, kemudian atur Backlight Brightness menjadi 20 atau 10. Sesuaikan saja dengan kenyamanan sobat.
2. Atur backlight timout secepat mungkin
Masuk Option –> Screen/Keyboard, ubah nilai Backlight Timeout menjadi 10 Sec/Detik.
3. Matikan beberapa fitur yang sedang tidak digunakan
seperti wi-fi, bluetooth dan GPS.
4. Nonaktifkan fungsi seperti LED indicator dan keypad tone.

5. Gunakan network atau signal 3G hanya untuk waktu-waktu tertentu saja
misalnya saat ingin men-download file berukuran besar (>2 MB) atau saat benar-benar dibutuhkan. Di luar itu, gunakan saja network 2G (EDGE), apalagi saat BB sedang nganggur atau jika ingin tidur di malam hari. Hal ini akan sangat menghemat baterai, karena yang paling membutuhkan banyak energi adalah saat BB searching dan mengakses jaringan 3G. Ubah pengaturannya di Option –> Mobile Network dan ubah Network Mode menjadi 2G.
6. Gunakan theme BB yang ringan dan tanpa animasi berlebihan.

7. Tutuplah atau logout aplikasi dari pihak ketiga (third party) jika sedang tidak digunakan 
terutama yang selalau mencari update (misalnya: Facebook, Twitter, Foursquare, Games, dll). Tutup aplikasi tersebut dengan tombol Escape atau melalui menu dan pilih close, bukannya dengan menekan tombol End, karena jika menggunakan tombol End maka aplikasi tidak akan tertutup dan tetap berjalan di background.

8. Tidak perlu menggunakan mode getar dan ringtone bersamaan
Menggunakannya secara bersamaan membutuhkan daya baterai yang cukup besar. Gunakan salah satunya saja, dan sesuaikan dengan kebutuhan.
9. Hapus aplikasi yang tidak/sangat jarang digunakan
Selain membuat baterai tidak cepat terkuras, ini juga akan menghemat memory. Masuk Option -> Advance option -> Application, kemudian delete/hapus aplikasi yang tidak perlu.
10. Sesuaikan pengaturan pada Profile sehemat mungkin
Atur volume, lampu LED, vibrate/getar sehemat mungkin untuk SMS, MMS, BBM alert, email, Message, dan peringatan notifikasi lainnya.

Itulah beberapa Tips Agar Baterai Blackberry Tidak Boros yang bisa dilakukan. Hemat baterai tidak lantas mengurangi aktivitas lho. Karena tips Menghemat Baterai BlackBerry di atas hanya pada pengaturan handheld, dengan cara mengurangi penggunaan fitur-fitur lain yang kurang penting. Jadi sobat tetap dapat nge-beib dan nge-PING!!! ke siapa aja .

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates