Thursday, February 21, 2013

Phishing“Kini Facebook kembali dihebohkan dengan beredarnya video mesum selebritis yang berbuat asusila bersama seorang anak pejabat”

“Kini Facebook kembali dihebohkan dengan beredarnya video mesum selebritis yang berbuat asusila bersama seorang anak pejabat”. Status Facebook yang menggoda ini disertai dengan potongan gambar  adegan mesra  dan mengarahkan pembaca pada sebuah link untuk melihat detil dari video yang dimaksud.
Status tersebut cukup meyakinkan pengguna Facebook, karena sang pemilik status adalah salah seorang cucu mantan Presiden Indonesia. Hal ini dapat terlihat dengan beberapa komentar pada status tersebut.
Bila link yang disertakan diklik, anda akan dibawa pada sebuah halaman yang dibuat seolah-olah mirip dengan halaman Facebook. Dimana pada halaman tersebut anda diminta untuk memasukan user dan password Facebook anda.
Tidak tahu berapa orang yang sudah terperangkap dengan link tersebut,  mereka yang tergiur adegan mesum  pasti tidak akan sadar bahwa sebelumnya mereka telah login ke akun Facebook.
Ini adalah link “Phishing“, yaitu salah satu bentuk penipuan di internet, yang berupaya untuk mendapatkan informasi penting dari pengguna internet, seperti user name, password atau rincian kartu kredit, dengan menyamar sebagai entitas terpercaya dalam sebuah komunikasi elektronik.
Dengan menyamar sebagai seseorang  atau institusi yang  terpercaya, melalui email, instan messenger atau alamat web palsu, pengguna diperdaya sedemikian rupa untuk mengikuti instruksi yang diberikan.
Istilah  Phishing yang dibuat pertama kali pada tahun 1995 adalah  merupakan varian dari fishing atau memancing,  dimana  didalamnya menyinggung soal “umpan”  yang digunakan dengan harapan bahwa korban potensial akan “menggigit”  (mengklik)  link berbahaya atau membuka attachment berbahaya, dengan cara ini  informasi keuangan dan password kemudian dapat dicuri.
Jadi berhati-hatilah dengan link penipuan di internet, apapun itu. Periksa sebelumnya link yang diberikan sebelum anda membuat satu kesalahan yang fatal.

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates