Wednesday, February 13, 2013

Bahaya Garam, Kurangi Sekarang!

Siapa yang tidak tahu garam? Semua orang pasti tahu! Garam adalah bumbu dapur berbentuk bubuk warna putih yang asin rasanya. Biasanya digunakan untuk menambah rasa dalam makanan. Kini para dokter telah memperingatkan terlalu banyak mengonsumsi garam dapat brdampak buruk bagi otak, salah satunya menyebabkan pikun. Apalagi bila tidak disertai olahraga, maka akan mengalami penurunan mental yang lebih cepat. Selain itu konsumsi lebih dari 1 sendok teh gararm setiap hari meningkatkan risiko Alzheimer.

Selama ini orang tahu kelebihan garam berdampak buruk bagi jantung, tapi studi baru ini memperlihatkan hubungan antara kemunduran kesehatan otak dengan konsumsi garam. Konsumsi garam dinilai tinggi jika lebih dari 3.090 mg natrium murni dalam sehari atau setara dengan satu sendok teh garam (7,7 gram) per harinya. Kondisi ini sama dengan 3 bungkus keripik atau 3,5 porsi burger yang besar. Meski begitu peneliti belum menemukan mekanisme pasti mengenai bagaimana konsumsi garam bisa menurunkan kemampuan kognitif dan memicu kepikunan. Tapi ini menjadi poin penting bahwa seseorang perlu lebih banyak makan buah dan sayur serta mengurangi makanan olahan.

Studi ini dilakukan oleh tim peneliti dari Kanada yang menganalisis konsumsi garam dan tingkat aktivitas fisik dari 1.262 laki-laki dan perempuan sehat berusia 67-84 tahun selama 3 tahun. Peneliti menilai kesehatan mental partisipan dengan menggunakan alat yang dipakai dalam mendiagnosis alzheimer. Hasil studi ini telah dilaporkan dalam jurnal Neurobiology of Aging.

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates