Wednesday, February 13, 2013

Cara Laporkan Rekening Bank Penipu

Seiring dengan semakin bayaknya modus penipuan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, baik itu dilakukan melalui SMS ataupun langsung melalui telphone yang mengarahkan korbannya untuk mentransfer sejumlah uang melalui rekening. Hal ini mungkin pernah Anda alami termasuk saya sendiri yang sudah muak dengan tingkah dan tindakan "Orang BIADAP" tersebut sehingga dengan sengaja saya posting artikel cara melaporkan rekening bank penipu, dengan harapan agar tidak banyak korban yang terjerat dalam modus penipuan tersebut.

Entah siapa yang melakukan kejahatan penipuan ini, namun yang jelas pasti ada korban yang terkena jebakan modus penipuan yang meminta korbannya untuk mentransfer sejumlah uang ke rekening yang diberikan oleh penipu tersebut. Mungkin bagi kita yang tersadar modus penipuan ini tidak pernah menjadi korban, namun bagaimana dengan mereka yang awam?. Yah.. fenomena ini memang sulit diredam karena tidak banyak orang yang peduli untuk melaporkan tindakan penipuan tersebut.

Jika Anda termasuk orang yang peduli bagi kepentingan sesama, langkah paling awal yang harus Anda lakukan adalah kros cek setiap akan melakukan pembayaran. Tentunya dengan tetap waspada terhadap setiap rupiah anda yang meluncur ke rekening orang lain merupakan tindakan pencegahan yang cukup manjur. Tips atau cara melaporkan rekening bank pelaku penipuan akan saya jelaskan di bawah ini.

Dunia online atau maya merupakan kebutuhan setiap manusia modern. Dengan demam sosial media dan blog maka akan menambah marak berbagai transaksi yang di lakukan di dunia tanpa batas ini. Berbagai toko online berbasis website, blog bahkan Sosial media seperti Facebook akan mempermudah orang untuk mendapatkan barang yang di inginkan hanya duduk di rumah atau melalui warnet. Toko Online sangat banyak bertebaran tetapi hanya sebagian kecil saja yang merupakan scam. Sangat mudah mengindikasi bahwa suatu Toko Online adalah penipuan. Anda lihat rekeningnya lalu catat kemudian menghubungi nomor telepon yang tertera di toko online tadi. Jika mereka hanya menyediakan nomor telepon hanya untuk SMS sebaiknya anda waspada walaupun tidak semua yang seperti ini merupakan penipuan. Para penipu cyber lewat toko online biasanya hanya bisa dihubungi lewat SMS jadi anda perlu waspada terhadap penipuan seperti ini.

Langkah lain yang perlu anda cek adalah alamat si empunya toko online, jika tidak ada sebaiknya anda waspada. Catat nomor rekening yang akan anda transfer dan bila sudah transfer, simpan baik-baik bukti transfer anda. Pencatatan ini untuk mencegah penipuan yang dilakukan lewat SMS juga. Jika sudah mencatat nomor rekening di suatu toko online yang ingin anda beli produknya dan biasanya akan ada sms pemberi tahuan bahwa harus transfer di rekening mana, cocokkan dengan catatan yang anda punya saat mencatat di website toko online tadi, jika tidak cocok maka harus sangat waspada.

Jika anda sudah menjadi korban penipuan berupa sms atau korban penipuan toko online, laporkan saja nomor rekening si penipu.


Cara Laporkan Rekening Bank Penipu

Simpan bukti transfer yang telah anda dapat dari mesin ATM atau bukti slip setoran bank.
Lakukan pelaporan penipuan di kantor polisi terdekat dan minta surat pelaporan tadi. Ini seharusnya tidak bayar tetapi jika ada yang minta “uang administrasi” beri saja Rp. 10.000.
Silahkan menuju bank si penipu (bank rekening penipu), utarakan bahwa telah di tipu oleh orang yang mempunyai nomor rekening yang telah anda kirimi uang. Sertakan bukti transfer beserta Surat Laporan Polisi (jangan lupa di foto copy) dan bank akan menampung laporan anda. Usahakan mendatangi Cabang Besar Bank karena akan cepat untuk di tindaklanjuti.
Silahkan anda menunggu progres dari bank tersebut.

Dari Pelaporan rekening itu, bank akan mulai menginvestigasi laporan anda dan segera memblokir rekening tersebut. Rekening yang terblokir hanya bisa di buka oleh yang punya rekening, sehingga jika si penipu akan membuka blokir maka investigasi mendalam akan di lakukan oleh bank dan tidak menutup kemungkinan akan melibatkan kepolisian. Langkah terakhir dan sangat penting adalah Silahkan berdoa dan berharap agar penipu dapat ditangkap dan tidak ada korban lain serta uang anda bisa kembali. Semoga tulisan saya tentang tips cara melaporkan rekening bank penipu beserta peningkatan kewaspadaan terhadap berbagai transaksi yang anda lakukan ini bermanfaat.

1 comments:

Hanafi Bhoflo said...

terima kasih info ini sangat membantu apa lagi bagi koban yang pernah tertipu.

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates