Monday, February 11, 2013

Di Balik Cerita Diet



Taun ini gue udah nargetin untuk kurus, sebenernya udah dari taun 2010 gue mulai diet. Berawal dari sebuah kemeja yang gue beli. Bener-bener harus tahan napas kalo mau dikancing. Sementara kakak gue malah ngejek gue, "Bukan kemejanya yang digedein, lonya aje yang kurusin."

"Elah, ngurusin doang gampang.", jawab gue jengkel.

Ditambah lagi waktu itu timbangan rumah gue rusak. Gue penasaran, akhirnya cek timbangan yang dipake waktu festival olahraga di sekolah. Gue shock, berat gue 95kg! Semenjak itu gue mulai search di google cara ngediet, yang ada malah orang jualan obat kurus. Gue udah sempet frustasi, sempet mikir juga buat konsum obat, sampai akhirnya gue nonton kick andy. Waktu itu bintang tamunya kontestan the biggest loser asia dari Indonesia yang berhasil. Keren banget lebih dari setengah berat badannya turun. Ini bikin gue termotivasi sampai gue berniat ikut the biggest loser asia. Gue coba kirim email dan gak ada balesan dari TBL Asia. Yaudah gue mengurungkan niat gue ikutan tbl asia. Belakangan diketahui setelah gue tanya Rifqi ternyata timbangan yang di festival olahraga sekolah itu ngaco. Kampret.

Waktu itu kakak gue pernah bilang ke gue, "Gue maen ddr berat badan gue turun."

Yap, gue akhirnya juga memutuskan maen ddr (dance-dance revolution). Gak cuma itu aja, gue juga ngurangin porsi makan jadi 1/4 dari biasanya. Dan gue makan gak lebih dari jam 6 sore. Gue juga minum teh ijo. Kadang kalo malem laper gue suka ngomong sendiri, "Laper? Ubah tuh lemak jadi makanan, apaguna lemak jadi cadangan makanan?!". Berasa bet orang gila.

Hasilnya nggak buruk, sekitar 3 minggu, gue bisa pake kemeja gue itu tanpa ketat. Jangan pernah berpikir maen ddr itu mudah banget, apalagi kalo kamar lo kecil dan pas-pasan.

Malah kadang gue harus maen ddr extreme. Bukan, ini bukan level yang ada di ddr, melainkan saat keringet gue berjatuhan dan bikin dance pad basah. Gue bisa kepleset dan jatoh. Bayangin kalo gue jatoh ke depan nubruk masuk tv, kan galucu juga kalo ada berita "Pemuda Gempal Terpleset Karpet DDR Menabrak TV Kamar Karena Mencoba Menguruskan Badan". Sampah abis.

Emang akhirnya gue berhasil menemukan diet ala gue. Tapi, bukan disitu masalahnya. Akhir-akhir ini gue mulai menggendut (lagi). Jelas, gue mulai jarang ddr, semenjak kelas 12 emang waktu gue semakin sempit. Udah gitu timbangan digital di rumah gue baterenya abis dan pada males ganti. Kampret. Ditambah lagi nyokap yang lebay yang selalu menyalahkan program diet gue atas segala hal. Misalnya waktu itu gue abis pulang futsal, jari kaki gue terkilir. Gue minta nyokap narikin jari kaki, "Bu tolongin tarikin jari kaki dong."

"Kenapa kaki kamu to?", tanya nyokap,

"Tadi, maen futsal sok-sokan sliding terus jarinya sakit."

"Kamu sih sekarang ngurangin makan, jadi kurang gizi jadi sering kaya gini."

Ganyambung parah jawaban nyokap.

Kakak gue juga pernah bilang gini, "To lo harus ningkatin intesitas olahraga lo to."

"Lah emang napa mba?"

"Gue baca tubuh bakal ngebiasain diri, jadi kalo sama mulu lemak lo kebakar dikit."

Emang bener banget. Tapi, sama sekali nggak gampang. Beda waktu gue kelas 11 yang masih banyak waktu. Udah gitu ddr-an sekitar 2 mil aja yang biasa udah bikin tepar. Sampai 3 mil? Capek bangat. Target gue sendiri adalah 75kg, dan sekarang masih stuck di 81-83 kg.

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates