Wednesday, February 13, 2013

Menyembuhkan Jerawat dengan Putih Telur


Kita lebih mengenal telur sebagai makanan, dibuat omelet untuk sarapan, telur balado untuk makan siang atau telur mata sapi untuk makan malam. Tapi, ternyata telur, khususnya bagian putihnya kaya vitamin yang bermanfaat mengatasi jerawat. Caranya? Putih telur dioleskan topikal pada kulit wajah untuk mengurangi minyak dan mengecilkan pori-pori. Selain itu juga berfungsi menarik kotoran dan minyak penyebab jerawat dari kulit.
Mengutip laman Bodybuildingforyou.com, telur kaya vitamin B2, B3 dan zinc. Vitamin B2 adalah pereda stres alami yang dapat mencegah jerawat, karena stres dapat meningkatkan produksi minyak dan menyebabkan jerawat. Vitamin B3 dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Sedangkan zinc memperkuat sistem imunitas tubuh, menyembuhkan luka dan membantu mengatur hormon. Semua fungsi tersebut sangat berguna untuk memerangi jerawat.
Salah satu cara memanfaatkan putih telur mengobati jerawat adalah dengan menjadikannya sebagai masker. Berikut cara membuatnya:
1. Pecahkan perlahan, pisahkan putih telur dari kuningnya;
2. Kocok putih telur hingga berbuih;
3. Tambahkan beberapa tetes jus lemon;
4. Oleskan adonan masker menggunakan ujung jari dengan lembut pada wajah yang telah dibersihkan. Hindari daerah mata dan mulut;
5. Diamkan masker hingga kering selama 15-20 menit. Rsaakan kulit menjadi sangat kencang;
6. Bilas dengan air hangat dan biarkan hingga kering.

Masker ini bekerja lebih baik pada kulit berminyak atau kombinasi dan dapat digunakan sekali atau dua kali seminggu. Selain dijadikan masker, putih telur juga bisa direbus dan kemudian dimakan. Vitamin yang terkandung pada putih telur akan bekerja dari dalam ke luar tubuh, sehingga memancarkan kulit yang sehat.

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates