Sunday, February 17, 2013

Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan


Jika Anda ditanya apakah manfaat buah rambutan pasti jawabannya tidak tahu. Karena kebanyakan orang-orang hanya suka memakan saja tanpa mau perduli manfaat serta khasiat makanan apa yang dimakannya. Dan buah rambutan sendiri cukup populer di Indonesia karena harganya yang cukup murah sehingga dapat dijangkau oleh semua kalangan mulai dari kalangan atas sampai menengah ke bawah. Alasan lain karena buah ini hampir bisa tumbuh di seluruh nusantara terutama di daerah dataran tinggi atau pegunungan. Tak heran di setiap daerah memiliki jenis buah rambutan yang berbeda-beda baik dari segi ukuran tingkat kemanisan dan tentu saja harga. Yang paling populer adalah rambutan Jakarta karena dikenal dengan rasanya yang manis.

Kandungan Buah Rambutan

manfaat buah rambutan
Bahkan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh berbagai intitusi dan ahli kesehatan menunjukkan jika buah yang satu ini memiliki manfaat dan kandungan yang hampir sama dengan buah jeruk dan apel. Di dalam buah ini terdapat berbagai senyawa penting seperti vitamin C, zat besi, fosfor, protein dan karbohidrat dimana semua zat di atas diperlukan oleh tubuh setiap hari. Untuk setiap 100gr atau setara dengan 3 buah rambutan memliki kandungan sebagai berikut : vitamin 58 gr, karbohidrat 18 gr, dan 70 gr kalori. Manfaat buah rambutan tidak hanya dari dagingnya saja melainkan biji dan daunnya pun dapat dimanfaatkan.

Khasiat Buah Rambutan

Meskipun memiliki ukuran yang relatif kecil, namun manfaat buah rambutan sangat banyak sekali. Seperti yang disebutkan di atas buah rambutan tidak hanya bermafaat dagingnya, kulit dan kayu rambutan bahkan dapat mengobati disentri.Jika anda terkena sariawan, buat saja obatnya sendiri dengan berkumur dengan rebusan kulit rambutan. Biji buah ini juga dapat digunakan sebagai obat kencing manis alami caranya dengan mensangrai biji rambutan hingga kandungan air di dalamnya benar-benar kering. Lalu tumbuk biji tersebut sampai halus, kemudian seduh dengan menggunakan air hangat dan diminum dua kali sehari. Itulah beberapa manfaat buah rambutan yang harus kita ketahui.

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates