Saturday, January 26, 2013

Berapa Usia Anak Siap Belajar Membaca?


Berapa Usia Anak Siap Belajar Membaca?
  Orang tua tentu bahagia dan bangga bila melihat anaknya menunjukkan perkembangan pesat, apalagi melebihi teman atau saudara-saudaranya. Tapi bukan berarti anak di usia dini hingga masa taman kanak-kanak harus dipaksan belajar membaca, menulis, dan berhitung.
Pada umumnya daya pikir anak belum mampu dan tertarik untuk belajar, sehingga cara yang biasa mereka lakukan adalah dengan bermain sambil belajar. Perlu diketahui orang tua bahwa usia anak dapat membaca dan menulis tergantung kepada masing-masing anak. Ketika dia tertarik, maka akan mudah baginya untuk mempelajari baca dan tulis. Menurut para psikolog anak, batas toleransi tersebut hingga kelas 3 SD atau sekitar usia 8 tahun.
Jangan memaksakan minat baca anak dan biarkan itu berjalan alami. Mulailah dengan memperkenalkan huruf dan kata dengan sering membacakannya buku cerita atau melakukan permainan yang terdapat unsur bacaannya. Hal itu disebabkan anak usia dini banyak menyerap hal-hal yang bersifat permainan.
Orang tua harus mengenal kondisi psikologi perkembangan anak. Kemampuan koordinasi motorik visual anak misalnya harus dipahami orang tua karena ini sangat berpengaruh kepada kemampuan baca tulis anak.
Kematangan koordinasi motorik visual berbeda-beda untuk tiap anak karena tergantung pada kematangan fungsi organ, kematangan daya konsentrasi dan kematangan emosi. Oleh sebab itu biarkan kematangan ini berjalan alami agar menghindari anak jadi jenuh dan frustasi karena dipaksakan. Dampak ini pun akan dirasakan oleh orang tua, yang akhirnya membuat mereka kesal karena anak tidak mengerti apa yang telah diajarkan oleh mereka.
   Hal terpenting, hindari memberi label atau mengatakan anak 'bodoh' karena tidak dapat membaca, menulis, dan berhitung yang dapat menyebabkan anak tidak percaya diri dengan kemampuannya. Jika semua berjalan alami, pada waktunya nanti orang tua pun akan mengerti dengan kemampuan sang anak untuk dapat belajar membaca, menulis dan berhitung.   

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates