Monday, January 21, 2013

6 Tips Jitu Menghindari Dampak Negatif Mata Lelah


6-tips-jitu-menghindari-dampak-negatif-mata-lelah
Sebagian dari anda tentu memiliki kebiasaan untuk duduk dan berlama-lama di depan monitor PC maupun laptop untuk mengerjakan pekerjaan kantor, skripsi atau malah hanya untuk bermain game online kesukaan anda. Akibatnya dari berlama-lama di depan PC adalah mata seringkali menjadi lelah dan kepala sering pusing bahkan kadang amda akan kesulitan untuk memfokuskan objek pandang. Hal ini karena kesehatan mata anda terganggu setelah anda menatap pancaran radisasi dari monitor computer terlalu lama.




Untuk mengurangi efek radiasi itu, ada beberapa tips yang dapat anda coba saat berada dalam waktu yang lama di depan monitor :
  • Jaga jarak pandangan
Disarankan anda jangan terlalu dekat dengan monitor karena akan sedikit membahayakan kesehatan mata anda. Sebaiknya anda mengatur jarak tubuh hingga sekitar 20 – 40 inci atau 50 – 100 cm dari monitor. Jika pada saat sudah berjarak sekitar 50 cm dari monitar anda merasa kesulitan membaca layar, anda dapat memperbesar fonts sehingga anda merasa nyaman.
  • Gunakan LCD
Gantilah monitor tabung (CRT) yang anda gunakan dengan LCD, karena menurut penelitian, monitor tabung ternyata memberikan efek yang lebih buruk dibandingkan dengan LCD. Selain itu, energy yang dibutuhkan oleh monitor tabung juga lebih besar, sehingga bila anda beralih menggunakan LCD akan lebih hemat energy. Namun kalau anda masih ingin menggunakan monitor tabung anda, cobalah untuk memasang filter-antiradiasi yang akan membantu anda mengurangi radiasi dari monitor anda.
  • Sesuaikan setting monitor
Beberapa monitor yang ada sekarang banyak menyediakan pre-set display mode, untuk memudahkan pengguna mengganti layar setting mereka. Pre sett tersebut biasanya akan memberikan level brightness yang berbeda, untuk menyesuaikan kondisi penggunaan monitor. Nah, anda dapat memanfaatkan kemudahan itu dengan mengubah settingan dari “game atau “movie menjadi “text” atau “internet” yang akan terasa lebih sejuk di mata saat anda sedang browsing atau hanya mengetik.
  • Gunakan kacamata anti radiasi
Walaupun hal ini membutuhkan biaya yang relative mahal, namun ada baiknya saat anda bekerja dalam waktu yang lama di depan monitor anda menggunakan kacamata anti radiasi yang akan melindungi mata anda dari radiasi cahaya yang berlebih. Karena faktanya lapisan anti-radiasi yang terdapat pada kacamata tersebut sangat berguna untuk mengurangi rasa nyeri pada mata anda saat terkena radiasi cahaya dari layar monitor anda.
  • Berkedip
Salah satu cara yang paling mudah untuk menghilangkan dan mengurangi rasa nyeri pada mata anda adalah dengan berkedip. Saat anda sedang serius mengerjakan sesuatu atau bermain game kadang anda akan lupa mengedip karena anda terlalu berkonsentrasi. Padahal dengan mengedip, mata anda anda terlumasi oleh cairan mata dan hal ini akan meringankan dan melemaskan otot-otot disekitar mata anda.
  • Lihat ke luar jendela
Agar mata anda tidak terlalu tegang larena menatap computer atau laptop terlalu lama, ada baiknya anda melihat keluar jendela, karena hal ini akan menyesuaikan kembali jarak pandang anda. Sebab, terlalu lama melihat dalam jarak dekat akan membuat kemampuan melihat jarak jauh anda akan berkurang, jadi biasakanlah untuk sesekali melihat keluar dan menikmati pemandangan yang tersaji melalui jendela untuk merelaksasikan mata anda.

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates