Saturday, January 26, 2013

Apa Itu Cord Blood Banking?


Apa Itu Cord Blood Banking?
   Perkembangan dunia medis saat ini tentu akan memberikan manfaat banyak bagi semua orang. Misalkan saja cord blood yang diambil dari plasenta atau tali darah pusat saat bayi lahir. Dalam istilah kedokteran, cord blood bangking yang telah disimpan di bank khusus, dapat berguna dan membantu bayi atau anggota keluarga jika terkena penyakit yang berbahaya.
Perlu diketahui, di dalam darah tali pusat terkandung sel induk haematopoietik yaitu sumber pembentuk darah dan sistem kekebalan tubuh, dan berpotensi membentuk jaringan saraf, kulit, jantung, organ endorik dan lainnya. Sel induk haematopoietik inilah yang bertanggung jawab untuk dapat mengganti darah dan memperbaiki kekebalan tubuh.
Di sini Anda tidak perlu khawatir mengenai penyimpanan tali darah pusat, karena akan ada bank khusus yang dapat menyimpan plasenta bayi dengan aman. Tentunya ada harga tertentu untuk penyimpanannya dan kapanpun dibutuhkan dapat diambil lalu digunakan.
Kegunaan cord blood bangking saat ini dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperti kelainan darah, regenerasi kulit, stroke, jantung, liver, diabetes, dan berbagai penyakit kanker. Dan kembali lagi, dari sel induk haematopoietik inilah yang dapat membantu penyembuhan berbagai penyakit.
   Di Indonesia sendiri cord blood bangking dapat dikatakan masih baru. Namun kehadirannya tentu bisa memberikan manfaat besar bagi Anda, yaitu untuk berjaga-jaga agar dapat membantu Anda dan keluarga jika terkena musibah yang tidak diinginkan.

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates