Saturday, January 26, 2013

Obesitas Anak Tingkatkan Risiko Impoten Dini


Obesitas Anak Tingkatkan Risiko Impoten Dini
 Memiliki berat badan ideal memang didambakan setiap orang. Namun, jika berat badan berlebihan terjadi saat dini segeralah untuk mengubah pola makan anak. Orangtua harus mengerti bahwa obesitas anak dapat menyebabkan berbagai penyakit yang membahayakan mereka pada usia dewasa,salah satunya impotensi dan infertil yang disebabkan oleh penurunan kadar testosteron.
Obesitas anak disebabkan oleh beberapa faktor, seperti genetik dan lingkungan. Terkadang orangtua membiarkan anak-anak untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi, sehingga berat badan mereka tidak terkontrol. Berbeda jika mereka mengimbanginya dengan aktifitas fisik seperti berolahraga. Karena jika hal tersebut tidak dilakukan, maka lemak akan menumpuk dan menyebabkan beberapa penyakit berbahaya.
Dalam penelitian yang melibatkan anak umur 14-20 tahun menyebutkan bahwa, obesitas anak laki-laki terjadi penurunan kadar testosteron yaitu hormon yang diproduksi di testikel dan sering disebut sebagai hormon pria. Jika hal tersebut tidak dicegah sejak dini, maka anak-anak tersebut berpotensi menjadi impoten dan kurang subur saat dewasa kelak.
Para peneliti menyebutkan, bahwa kadar testosteron yang turun tersebut disebabkan lemak perut dan penurunan otot yang dapat memicu resistensi insulin serta diabetes. Tentu Anda sebagai orangtua tidak menginginkan bukan jika obesitas anak mengancam kesehatan hingga dewasa? Hal tersebut dapat teratasi jika menciptakan suasana hidup yang sehat.
   Seperti apa suasana hidup yang sehat? Di antaranya mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang diiringi olahraga rutin. Mencegah obesitas anak sangatlah mudah, asalkan menerapkan pola hidup sehat sedari dini.

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates