Saturday, January 26, 2013

Persiapan Untuk Bayi Jelang Cuti Hamil Usai


Persiapan Untuk Bayi Jelang Cuti Hamil Usai
   Cuti hamil hampir usai? Anda tidak perlu khawatir, dan jangan menyebabkan bayi ikut risau dengan kehilangan Anda ini. Anda dapat mulai mempersiapkan berbagai hal keperluan untuk diri sendiri maupun untuk si kecil. Idealnya persiapan ini dilakukan sekurang-kurangnya satu minggu sebelum masuk kerja. Persiapan apa saja yang dapat dilakukan untuk bayi Anda, simak tipsnya berikut ini.
Tetap berikan ASIP
Pemberian ASIP (ASI Perah) dapat Anda lakukan jauh hari sebelum masa cuti hamil usai, agar bayi dapat mudah beradaptasi. Alangkah baiknya jika pemberian ASIP tidak menggunakan botol susu melainkan dengan sendok. Ini berguna agar bayi tidak mengalami kebingungan dengan puting ketika hendak menyusu langsung kepada Anda. Bayi akan malas ketika dirinya tahu menyusu dari botol susu lebih mudah dibandingkan dari puting susu.
Kenalkan dengan dunia luar
Ajak bayi mengenal sosok lain dari ibu dan ayahnya dengan cara sering mengajaknya keluar kamar atau keluar rumah. Kenalkan pada anggota keluarga lainnya atau pengasuhnya agar dia tidak hanya bergantung pada Anda.
Mencoba meninggalkannya
Latih bayi agar terbiasa dengan ketidakhadiran Anda dengan meninggalkan dirinya selama satu hari. Ini juga bermanfaat bagi Anda agar tidak perlu terlalu khawatir dengan keadaannya di rumah. Lagipula Anda masih dapat memantau keadaannya dari jarak jauh.
Lakukan salam perpisahan dengan wajar
Setelah cuti hamil usai dan Anda siap bekerja kembali, lakukan ucapan perpisahan dengan bayi secara wajar. Anda cukup mengucapkan salam sambil menciumnya. Coba bersikap tidak peduli dan tetap pergi ketika dia menangis, lama-kelamaan bayi akan terbiasa dengan ucapan salam ini.

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates