Saturday, January 26, 2013

7 Khasiat Minyak Kayu Putih


 
Gelam atau Kayu putih (Melaleuca leucadendra syn. M. leucadendron) adalah tumbuh-tumbuhan anggota suku  (Myrtaceae) yang dimanfaatkan orang sebagai sumber minyak kayu putih (cajuput oil). Minyak diekstrak (biasanya disuling dengan uap) terutama dari daun dan rantingnya. Namanya diambil dari warna batangnya yang memang putih.
Tumbuhan ini tumbuh baik di Indonesia bagian timur dan Australia bagian utara, namun demikian dapat pula diusahakan di daerah-daerah lain yang memiliki musim kemarau yang jelas.
Minyak kayu putih mudah menguap. Pada hari yang panas orang yang berdekatan dengan pohon ini akan dapat membauinya dari jarak yang cukup jauh.Minyak kayu putih yang diambil dari penyulingan biasa dipakai sebagai minyak balur atau campuran minyak pengobatan lain (seperti minyak telon) atau campuran parfum serta produk rumah tangga lain.

Minyak kayu putih dikenal sebagai obat pereda masuk angin dan perut kembung. Minyak aromatik ini juga dapat menyembuhkan iritasi kulit akibat gigitan serangga dan lecet. manfaat alami dari minyak kayu putih sebagai berikut :


1. Sebagai analgesik alami, minyak kayu putih dapat mengurangi nyeri sendi dan membuat pikiran dan tubuh jadi rileks. kita bisa menuangkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam bak mandi yang berisi air panas. Lantas, berendam di dalamnya.

2. Setelah bercukur, oleskan beberapa tetes minyak kayu putih untuk menenangkan kulit kita. Minyak ini juga bekerja sebagai antibakteri, antivirus, dan antijamur. 
3.sebagai pereda sakit kepala, oleskan minyak kayu putih di tangan lalu gosokkan di bagian kepala yang pusing, ini membantu meredakan sakit kepala. 
4.Minyak kayu putih juga bisa menjadi sahabat dalam perjalanan, bisa menghilangkan mabuk perjalanan sehingga perjalanan tidak lagi terganggu karena mabuk,. hirup aroma minyak kayu putih dan gosokkan pada perut kita. perjalanan kita menjadi baik.
5. Memijat dengan minyak kayu putih dapat menghaluskan kulit dan menghilangkan tanda bekas melahirkan.

6. Minyak kayu putih adalah pewangi alami terbaik, yang membantu dalam penyembuhan infeksi kulit seperti luka, infeksi vagina, dan gangren. Minyak ini juga berperan sebagai antiseptik yang baik untuk tubuh.
7. selain inhiler, minyak kayu putih bisa juga untuk menghilangkan hidung tersumbat dan flu.
Itulah manfaat dari minyak kayu putih, ukuran yang kecil memudahkan kita membawanya. 

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates