Saturday, January 26, 2013

Tips Pengasuhan Anak Kembar


Tips Pengasuhan Anak Kembar
   Pengasuhan anak kembar hampir sama dengan anak-anak pada umumnya. Perbedaannya hanyalah Anda harus menghadapi anak-anak yang sama usianya dalam satu waktu. Berikut ini beberapa trik dan tips mengasuh anak kembar:
Lakukan persiapan
Sebaiknya lakukan persiapan jauh hari sebelum anak kembar lahir. Bisa dengan melakukan pertemuan dengan klub orangtua kembar, mencari informasi seputar anak kembar, dan lainnya. Kumpulkan sebanyak mungkin informasi seputar pengasuhan anak kembar dari orang yang benar-benar berpengalaman.
Kerjasama tim
Penting untuk bekerjasama dalam pengasuhan anak kembar. Kerja sama dalam artian Anda dan pasangan harus benar-benar terlibat. Berbagi tugas dengan pasangan agar tidak terlalu melelahkan.
Manajemen waktu
Sebisa mungkin menjadwalkan anak untuk tidur di waktu bersamaan, dan jadwal lainnya. Buatlah manajemen waktu yang baik untuk meringankan pengasuhan anak kembar.
Tempat tidur
Lebih baik menidurkan anak dalam satu tempat tidur. Sebagian besar anak kembar akan lebih cepat tidur dan tenang ketika ditempatkan bersama-sama. Menidurkan anak dalam satu tempat tidur pun mempermudah Anda dalam pengawasan.
Membedakan anak kembar
Jika Anda kesulitan membedakan anak kembar, maka sudah saatnya memberikan sesuatu yang bisa membedakannya. Misalnya memakaikan gelang, memberikan potongan rambut berbeda, busana berbeda, dan cara lainnya.
Anak kembar bukan berarti harus diperlakukan sama. Berikan kebebasan pada mereka untuk menjalani keinginannya masing-masing, salah satunya dengan tidak memaksa menggunakan pakaian yang sama. Penting untuk diingat, anak kembar walaupun bentuk fisiknya serupa namun sifatnya berbeda.
   Jika mengalami kesulitan dalam pengasuhan anak kembar, jangan malu untuk meminta bantuan. Baik itu dari keluarga ataupun tenaga profesional.  

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates