Tuesday, January 22, 2013

Review PPC Indo: KlikSaya.com


Kliksaya.com adalah situs pay per click (PPC) ala Indonesia yang mulai marak saat ini. Situs iklan Kliksaya sistem kerjanya hampir sama dengan Google Adsense sebagai pelopor dunia iklan di internet.
Kami akan me-reviewnya kali ini untuk netter...

Kapan Kliksaya berdiri dan hosting dimana?
Dari hasil pengecekan kami, Kliksaya berdiri pada tanggal 09 April 2007 (informasi dari domain tools) - Sejauh ini terlihat Kliksaya bisa bertahan dari banyaknya gempuran PPC lokal maupun luar negeri. Hosting Kliksaya ada di Singapura memakai layanan Singcat.com

Siapa pengelola dan alamatnya dimana?
Pengelolanya bernama David Ciang dengan alamat di Villa Tomang Mas C/12, Jakarta,11510

Harga iklan untuk pengiklan (advertiser)
Harga iklan untuk advertiser minimal Rp 300. Pemesanan iklan minimal Rp 50ribu. Anda bisa memilih sendiri iklan anda akan muncul di website/blog mana dengan harga iklan yang anda inginkan. Tersedia lengkap list semua situs yang masuk dalam jaringan Kliksaya. Dengan menggunakan sistem bid, maka iklan dengan harga bid yang tertinggi di sebuah web/blog yang akan diprioritaskan muncul.

Harga per klik untuk penerbit iklan (publisher)
Pembagian keuntungan adalah 50% Kliksaya dan 50 % publisher. Itu berarti, netter sebagai publisher akan mendapatkan minimal Rp. 150 tiap klik di website anda. Ada beberapa klik yang berpotensi mendapat lebih dari Rp. 300, dan sudah kami ujicoba, karena bagaimanapun ini tergntung dari bid advertiser itu sendiri.

Format Iklan dan tata letak
Format iklan Kliksaya sangat mirip dengan Google Adsense, tapi dirancang lebih sederhana. Kita bisa mengatur format iklan baik warna maupun dengan leluasa layaknya di Adsense. Kodenya dalam bentuk Javascript yang singkat, contohnya seperti ini:



Aturan main pendaftaran dan pemasangan iklan
Kliksaya menerapkan aturan main yang cukup ketat bila dibanding PPC lainnya. Pendaftaran sih tidak dipersulit seperti Google Adsense yang mesti di-approve segala, tapi untuk supaya tampil iklan global (iklan yang menampilkan informasi yang diberikan advertiser), iklan yang masuk harus di-approve terlebih dahulu oleh admin. Jika tidak, iklan yang ada hanya tampilan kata-kata "pasang iklan di sini".

Hal ini dilakukan untuk mencegah publisher nakal, dan Kliksaya juga tidak akan ragu-ragu untuk men-ban atau mengblok publisher yang melakukan kecurangan. Syarat utama untuk bisa tampil iklan Kliksaya di situs, setidaknya akses perbulan situs harus mencapai 10,000 pageview dan posisi peletakan iklan juga harus disetujui oleh admin.

Pembayaran
Pembayaran baru dilakukan setelah penghasilan anda mencapai minimal 50ribu rupiah. Saat ini bank yang bisa digunakan adalah BCA dan Mandiri serta Banj yang termasuk dalam jaringan ATM Bersama. Pembayaran perbulan Kliksaya ke publisher saat ini sudah lebih dari 30 juta, dengan publisher tertinggi mencapai lebih dari Rp. 3 juta. Jumlah publisher yang komisinya mencapai 7 digit adalah 8 orang. Sementara jumlah penerbit yang menerima komisi 6 digit adalah 61 orang. (data pembayaran bulan September 2008).

Hal-hal penting yang perlu diketahui publisher
- Zona Iklan boleh dipasang beberapa kali pada halaman yang sama
- Jumlah Zona Iklan pada situs penerbit tidak dibatasi, namun harus proporsional dengan jumlah content
- Zona Iklan hanya dapat dipasang pada domain yang didaftarkan
- Denda fraud click (klik yang disengaja) adalah Rp. 1.000,-
- Dilarang menggunakan script KlikSaya sebagai alternate ads Google Adsense
- Dilarang menggunakan SEO untuk kosa kata pornografi

Plus minus Kliksaya.com
Harus diakui bahwa dibanding PPC Indo lainnya, Kliksaya mempunyai beberapa kelebihan. Kelebihan yang terutama adalah control panel situsnya dibuat mudah untuk digunakan, dan juga laporan untuk publisher dan advertiser-nya jauh lebih baik jika dibanding PPC Indo lainnya. Konsepnya sendiri juga mirip dengan Google Adsense, jadi bagi netter yang sudah biasa dengan Adsense, pasti juga mudah menggunakan control panel Kliksaya.

Kekurangannya yang utama adalah Kliksaya menerapkan aturan yang cukup ketat untuk publisher yang ingin menayangkan iklannya, dimana butuh persetujuan admin untuk setiap iklan (walau letak dan bentuk iklan berbeda, situs sama, tetap mesti di-approve). Kalau tenpa persetujuan iklan hanya akan keluar kata-kata 'pasang iklan di sini'.

Kesimpulan
Sejauh ini kami belum pernah melihat ada publisher atau advertiser yang komplain yang tidak sedap di situs mereka tentang Kliksaya. Tampaknya pembayaran untuk semua publisher juga lancar-lancar saja selama ini dan tepat waktu. Kliksaya juga kelihatan berani keluar modal untuk terus memperbaiki kinerja, server, dan scriptnya. Bila ada permasalahan dan hal-hal baru, admin selalu menginformasikan di blog mereka. Sejauh ini PPC Kliksaya, kami rasa cukup bisa diterima oleh netter Indonesia, dan kami sarankan sebagai salah satu pilihan PPC terbaik di Indo.

1 comments:

Halra said...

saya belum mendaftar di kliksaya, sebenarnya sih punya keinginan besar untuk berpenghasilan dari dunia internet, namun saya belum memiliki blog yang banyak pengunjungnya, jadi belum siap

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates