Tuesday, January 1, 2013

Contoh Memberikan Saran yang baik dan cara memberi nasehat yang baik

Contoh Memberikan nasehat yang baik
Contoh Memberikan nasehat yang baik
Contoh Memberikan Saran yang baik dan cara memberi nasehat yang baik adalah nasehat yang dapat membantu orang tersebut untuk mengatasi masalahnya, sementara saran yang buruk bisa menambah masalah untuk mereka. Pertama-tama, pastikan bahwa orang yang berbicara kepada Anda adalah benar-benar meminta saran, Dimintai saran atau nasihat merupakan suatu kehormatan, tetapi juga mempunyai tanggung jawab yang besar pula, maka berhati-hati lah memberikan saran pada seseorang.
Berikut ini beberapa Contoh Memberikan Saran yang baik, semoga dapat membantu Anda dalam memberikan saran untuk Orang lain:
1. Dengarkan baik-baik apa yang dia katakan, ajukan lah pertanyaan. Sebab menjadi pendengar yang aktif tidak hanya akan membantu Anda memberikan nasihat yang baik, juga akan meningkatkan kemungkinan bahwa orang tersebut akan menerima nasihat Anda.
2. Tempatkan diri Anda pada posisi yang lagi dia hadapi. Cobalah bayangkan diri Anda dalam situasi orang tesebut. Jika Anda sudah berada dalam situasi yang sama, berpikir lah tentang apa yang akan Anda lakukan.
3. Pikirkan tentang konsekuensi dari saran yang Anda berikan karena nasehat anda mempunyai tanggung jawab yang besar jadi berhati-hati lah memberikan saran pada seseorang.
4. Berikan lah rasa Empati. Jika Anda benar-benar mencoba untuk menempatkan diri pada posisi orang tersebut, rasa empati mungkin akan berkembang secara alami. Meskipun demikian, sangat berhati-hati lah dengan kata-kata saran yang Anda berikan. Karena orang seperti itu sangat peka terhadap perasaan orang lain dan keadaan yang emosional. Berikan lah saran yang lebih logis.
5. Brainstorming dengan orang tersebut. Kadang-kadang tidak ada jawaban yang langsung selesai untuk suatu masalah. Dalam hal ini, cobalah untuk membantu orang tersebut merenungkan semua alternatif sehingga ia dapat mencapai kesimpulan bersama dengan Anda atau dia sendiri. Bahkan untuk pertanyaan yang sangat sederhana, dapat bermanfaat untuk membantu orang mengembangkan saran nya sendiri.
6. Bersikaplah jujur Jika Anda benar-benar merasa tidak mengetahui solusi atau pengetahuan dari masalah tersebut. Tujuan Anda seharusnya tidak untuk langsung mengajarinya, melainkan untuk membantu dia supaya bisa membuat keputusan yang baik, jadi jangan bertindak seperti pemakasaan kehendak.
7. Memberikan contoh yang baik. Jika Anda menyarankan satu hal tetapi melakukan yang sebaliknya, saran Anda akan dilihat sebagai palsu dan munafik. Jika Anda melakukan seperti yang Anda katakan, bagaimanapun, orang akan lebih cenderung untuk menghormati saran Anda.
8. Memahami bahwa orang tersebut tidak bisa menerima nasihat Anda. Sadarilah bahwa orang tersebut lebih mengerti tentang situasi yang dia hadapi, sehingga saran yang Anda berikan belum tentu yang terbaik untuk dia. Pahamilah kadang-kadang orang akan meminta nasihat hanya dalam rangka untuk membangkit ide-ide dari Anda, dan jangan heran jika orang tersebut menolak saran Anda, mesipun nasihat yang Anda berikan adalah yang terbaik. Biarkan dia yang memutuskan segalanya.

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates